Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Seminggu Lagi, Surat Suara Kurang

Kompas.com - 08/04/2008, 16:01 WIB

SIBOLGA, SELASA - Delapan hari menjelang pemilihan kepala daerah Sumatera Utara (Sumut), masih terjadi kekurangan surat suara di sejumlah daerah. Meski kekurangan itu sudah dilaporkan ke KPU Provinsi Sumut, persoalan ini belum juga teratasi. Pada waktu yang bersamaan, KPU di sejumlah daerah mulai mengirimkan surat suara ke masing-masing kecamatan.

"Kekurangan surat suara baru kami ketahui setelah ada penyortiran. Surat suara yang seharusnya kami terima sebanyak 178.532 lembar, tetapi pada saat penyortiran surat suara yang tersedia 176.729 lembar," kata Ketua Devisi Logistik KPU Tapanuli Tengah (Tapteng), Siti Sarifah Simanjuntak, Selasa (8/4) saat ditemui.

Kondisi surat suara 176.637 dalam kondisi baik, rusak 92 lembar. KPU Tapteng masih kekurangan 1.840 lembar surat suara. Siti mengatakan kekurangan itu sudah disampaikan ke KPU Sumut. Harapannya kekurangan itu bisa sampai Rabu (9/4) sehingga bisa didistribusikan ke masing-masing kecamatan.

Di tempat yang sama Ketua Devisi Sosialisasi dan Informasi KPU Tapteng Syamrul Hutabarat mengaku kekurangn dana akomodasi ke daerah yang sulit jangkauannya. Di Tapteng di 25 desa yang tersebar di 14 kecamatan sulit dijangkau dengan kendaraan. Bahkan ada yang sama sekali tidak bisa dijangkau dengan kendaraan.

Di Tapteng ada enam tempat pemungutan suara (TPS) berada di wilayah kepulauan. Enam TPS itu terletak di tiga pulau yang berada di wilayah Teluk Tanian Nauli. Pendistribusian logistik pilkada ke daerah itu harus dila kukan dengan memakai speed boat. "Anggaran akomodasi ke tempat ini tidak dianggarkan. Kami sedang mengajukan tambahan dana Rp 11 juta," katanya.

Mandailing Natal dan Tapsel

Secara terpisah, kekurangan surat suara juga terjadi di Kabupatan Mandiling Natal. Ketua KPU Mandailing Natal Abdul Azis mengatakan kekurangan surat suara mencapai 7.016 lembar. Sebagian besar isi kotak surat suara tidak sampai 3.000 seperti yang tertulis. Rata-rata, tuturnya, di dalam satu kotak berisi sekitar 2.700 an.

Dia mengatakan dari 83 kotak surat suara yang diterima KPU Mandailing Natal, hanya dua kotak yang berisi 3.000. Kekurangan ini sudah dia sampaikan sudah dia sampaikan ke KPU Provinsi. Namun hingga kini belum mendapat ganti. Sama halnya dengan KPU Tapteng, kekurangan surat suara ini baru diketahui petugas setelah dilakukan penyortiran surat suara.

"KPU Mandailing Natal mulai mengirim logistik ke daerah sulit. Selasa (8/4) surat suara mulai dikirim ke enam dari 22 kecamatan. Daerah sulit itu," tuturnya, bisa dijangkau dalam waktu 12 jam dari ibukota kabupaten di Panyabungan. Adapun KPU Tapsel kini sedang menyelesaikan penyortiran sebelum didistribusikan serentak mulai tanggal 9 April. Prioritas distribusi untuk pertam kali ada di daerah yang sulit secara geografis.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com