Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thurman Gugat Lancome 15 Juta Dolar

Kompas.com - 12/05/2008, 01:49 WIB

AKTRIS Uma Thurman menggugat Lancome sebesar 15 juta dolar (sekitar Rp 135 miliar), dengan tuduhan bahwa perusahaan kosmetik asal Prancis itu menggunakan nama dan wajahnya dalam iklan yang kontraknya sudah selesai.

Thurman menyatakan perusahaan kosmetik yang dimiliki L'Oreal itu melanggar persetujuan yang ditandatangani pada tahun 2000. Dia menuduh perusahaan itu memakai nama dan wajahnya untuk iklan yang kontraknya sudah selesai pada September 2004 untuk wilayah Eropa dan bulan Desember 2004 untuk belahan dunia lainnya.

"Perusahaan itu memberi 'kesan yang salah' bahwa Thurman masih punya kaitan dengan Lancome," ungkap gugatan bintang film Pulp Fiction dan Dangerous Liaisons Jumat lalu.

"Perusahaan itu juga dituding tidak memberitahu pedagang besar maupun eceran untuk tidak lagi menggunakan iklan yang menampilkan Thurman," kata pengacaranya, Bert Fields.

Fields juga mengingatkan agar para selebritas mulai saat ini berhati-hati jika melakukan transaksi dengan Lancome. . "Mereka terus memakai potretnya jauh setelah kontrak selesai," tanmbahnya.

Namun Jurubicara L'Oreal, Jennifer James, dalam pernyataannya mengemukakan "penggunaan citra Thurman setelah kontraknya habis adalah hal kecil, tetapi tidak disengaja ataupun punya maksud tertentu," ungkap perusahaan itu tanpa bersedia memberikan komentar lebih jauh.

Gugatan yang diajukan di Pengadilan Federal Manhattan New York itu menyusul satu gugatan dari Lancome pada hari Rabu di Mahkamah Tinggi Negara Bagian Manhattan. Perusahaan itu menyatakan mereka tidak melanggar kontrak. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com