Kamis, 17 April 2014
Putri Indonesia Berbikini
Kamis, 10 Juli 2008 | 10:59 WIB
|
Share:
GETTY IMAGES/GREG HARBAUGH
Para peserta kontes kecantikan Miss Universe mengenakan bikini.

JAKARTA, KAMIS-Aksi mengejutkan dijalani oleh Puteri Indonesia 2008, yaitu Putri Raemawasti, di ajang pemilihan Ratu Sejagat (Miss Universe) 2008. Di babak presentasi awal yang diadakan Selasa (8/7) pagi, wakil Indonesia itu tampil di atas panggung dengan mengernakan bikini (two pieces), yaitu baju renang dua helai yang hanya terdiri dari bra dan celana dalam.

Penampilan ini tentu saja mengalami 'peningkatan' dari yang dijalani gadis asal Blitar itu saat sesi swimwear (mengenakan busana renang) sebelumnya. Waktu itu, Putri memilih mengenakan pakaian renang terusan (one piece) yang lebih tertutup dibanding bikini.

Padahal, sebelum berangkat ke Vietnam (tempat kontes Miss Universe 2008) akhir Juni lalu, Putri telah memutuskan akan mengenakan baju renang (swimsuit) model one piece. "Saya mengenakan one piece," kata Putri saat ditanya tentang kesiapannya di Taman Sari Royal Haritage Spa, Jalan Wahid Hasim, Jakarta Pusat, pada 9 Juni lalu.

Apalagi, panitia Miss Universe 2008 memberi keringanan bagi negara yang tidak mengizinkan penwakilannya mengenakan pakaian renang terlalu seksi. Panitia memberi pilihan pakaian model one piece, yang membalut dari mulai dada ke bawah, tanpa ada bagian terputus di wilayah perut.

Pada babak presentasi awal yang digelar di Crown Convention Centre di kota Nha Trang, Vietnam, masing-masing finalis tampil dengan memeragakan pakaian renang dan gaun malam. Pada sesi penampilan dengan pakaian renang, Putri tampil mengenakan bikini berwarna oranye dengan variasi garis putih. Tidak ada aksesoris lain selain anting-anting emas berbetuk ring besar dan sepatu hak tinggi dengan warna emas pula. Hanya selempang bertuliskan Indonesia yang menemani bikini oranye yang menempel di tubuh perempuan kelahiran 5 Desember 1986 itu.

Dengan penampilan demikian, bagian perut dan pusar Putri bisa terlihat jelas. Tak hanya tampil seksi dengan berbikini ria, penampilan Putri juga tak kalah seksi ketika menggenakan gaun malam pada acara malam harinya. Di sesi ini, Putri mengenakan gaun dengan motif batik berwarna dominan ungu. Meski gaun dengan atasan berbentuk kemben itu menjulur panjang hingga ke lantai, terdapat belahan memanjang pula sehingga bagian kaki dan paha kanan Putri terlihat.

Sesi pada Selasa malam itu bisa disebut sebagai kompetisi yang setara babak semifinal Miss Universe 2008. Para peserta berusaha tampil maksimal menunjukkan kecantikan dan senyum terbaiknya. Dari penilaian babak ini, nantinya akan ditetapkan 15 kandidat yang berhak melaju ke babak berikutnya.

Hasil seleksi 15 peserta terbaik itu baru akan diumumkan pagi hari menjelang puncak perhelatan Miss Universe 2008 pada 14 Juli mendatang.

Berdasarkan antusiasme penonton yang hadir, dukungan bagi penampilan Miss Vietnam, Miss Venezuela, Miss South Korea, dan Miss Colombia terasa paling hangat dibandingkan dengan para peserta lain. Yang menarik, berdasarkan penampilan mengenakan pakaian renang dan gaun malam, pemetaan calon Miss Universe pun mulai muncul kembali. Kali ini peserta perwakilan Meksiko, Venezuela, Colombia, Thailand, Panama, dan Brazil disebut-sebut sebagai kandidat terkuat Miss Universe 2008. (Warta Kota/Surya)