Sabtu, 1 November 2014
Opera Van Java, Wayang Model Baru
Minggu, 7 Desember 2008 | 09:47 WIB
|
Share:
Dok. Trans 7
OKB

JAKARTA, SABTU - Cerita-cerita  legenda yang sangat popular di masyarakat Indonesia, kini akan kembali dipopulerkan stasiun tv Trans 7 lewat sebuah acara bertajuk Opera Van Java (OVJ). Namun demikian,  OVJ akan dihadirkan dengan gaya komedi.

“Konsepnya memang pewayangan. Ada dalang, sinden, gamelan, dan wayang orangnya yang diperankan dengan pemain tetap dan bintang-bintang tamu. Tapi ceritanya enggak harus cerita rakyat dari Jawa,” ujar Andi Chairil, kepala Departemen produksi Trans 7, di Gedung Trans TV, di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat kemarin.

Dalam acara tersebut, Parto "Patrio" akan berperan sebagai seorang dalang yang berwenang  mengatur alur cerita pada setiap cerita yang dimainkan. Sedangkan peran sinden akan dibawakan komedian wanita jebolan Akademi Pelawak TPI (API) 3, Rina ‘Sinden’.  Sementara Sule akan menjadi pemain tetap sebagai wayang orang, yang dituntut mampu melakukan improvisasi dalam setiap cerita yang akan diceritakan dalang Parto.

“Yang menarik dalam acara ini adalah setiap cerita yang akan dimainkan hanya diketahui Parto, sang dalang. Setiap cerita yang dimainkan akan kami kemas dengan cara kekinian. Jadi tidak menafikkan kalau cerita luar seperti Pinokio akan ada pada salah satu episode,” terang Andi.

Wayang orang yang akan dibawakan dengan dagelan-dagelan khas masing-masing komedian membuat Rina ‘Sinden‘ yang dalam setiap penampilannya selalu berada di samping Parto, dituntut untuk berimprovisasi serta menyanyikan beberapa buah lagu dengan gaya khas seorang sinden.

Seperti dalam salah satu adegannya, Rina ‘Sinden’ membawakan lagu hit Dewa 19, Sedang Ingin Bercinta, layaknya seorang sinden membawakan tembang karawitan. “Program ini baru akan ditayangkan pada pertengahan Desember nanti, karena ada beberapa perbaikan yang harus kami lakukan. Sisi edukasi yang ingin kami tampilkan pada sitkom ini nilai-nilai kebudayaan Indonesia yang sangat kaya, yang bisa saja sudah dilupakan anak-anak jaman sekarang,” katanya.      

Selain OVJ,  Trans 7 juga menghadirkan suguhan program OKB (Orang Kaya Baru). Dikatakan Produser Otty Indra, OKB disuguhkan dengan konsep drama komedi talkshow. Selain menghadirkan drama, juga dihadrikan pula talkshow dengan sejumlah nara sumber dalam menanggapi sebuah masalah yang hadir di kalangan masyarakat.    

OKB mengisahkan keluarga Pak RT (Parto Patrio), yang kaya mendadak setelah mendapatkan warisan. Kondisi ini, tentu saja, membuat sang istri (Olla Ramlan)  dan anaknya Rafi Ahmad naik pamor  di kalangan masyarakat sekitarnya.  "Sebagai orang kaya baru, ada sisi keluguan dan norak yang hadir mewarnai kehidupan mereka. Benturan konflik di antara keluarga dan masyarakat menjadi sesuatu yang menarik," katanya.

Di bagian segmen talkshow,  OKB akan menghadirkan sejumlah bintang tamu, dari mulai kalangan selebritas hingga nara sumber yang kompeten untuk membahas permasalahan yang kerap muncul di masyarakat. "Kami menyebut acara ini semi sitkom. Porsinya 70:30, untuk drama dan talkshow. Setiap episode mengangkat  beragam tema. Ada episode soal KTP sampai KDRT,"  katanya.

OKB akan mengawali tayangannya mulai 22 Desember mendatang, setiap Senin-Kamis, pukul 20.00-21.00 WIB. "Pada tayangan pertama kami akan menghadirkan cerita pengenalan  tentang latarbelakang keluarga Parto dan persoalan-persoalan yang biasa  muncul di antara mereka," katanya.  (IFA/EH)