Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPUD Kota Kediri Tetapkan Caleg Terpilih 2009-2014

Kompas.com - 18/05/2009, 17:34 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (18/5) mengumumkan dan menetapkan calon terpilih anggota dewan perwakilan rakyat daerah periode 2009-2014, hasil pemilihan umum legislatif. Dari sisi jumlah tidak berubah, hanya figur orangnya yang berganti.

Ketua KPUD Kota Kediri, Agus Rofik mengatakan total kursi anggota dewan mencapai 30. Dari jumlah tersebut, separuh lebih, akan diisi oleh wajah-wajah baru. Sisanya orang-orang lama.

Berdasarkan hasil perolehan suara yang dituangkan dalam keputusan KPUD Kota Kediri Nomor 24 Tahun 2009 tentang perolehan kursi partai politik peserta pemilu, ada 13 partai dari 38 partai peserta pemilu yang mendapatkan hak di parlemen.

Perolehan kursi tertinggi ditempati oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebanyak 5 kursi, disusul Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendapat masing-masing 4 kursi.

Ada tiga partai yang memperoleh tiga kursi, yakni Partai Gol kar, Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Nahdlatul Ulama (PKNU). Hanya ada satu partai yang memperoleh dua kursi, yakni Hanura. Sisanya ada enam partai yang mendapat jatah satu kursi, yakni PKPB, Gerindra, PKS, PDS, PBB, dan PPNUI.

Rencananya, pelantikan anggota dewan periode 2009-2014 akan dilaksanakan tanggal 21 Agustus 2009 sesuai dengan masa berakhirnya jabatan anggota dewan lama.

Ketua DPRD Kota Kediri Bambang Harianto mengatakan secara efektif, para anggota dewan baru ini memerlukan waktu sekitar tiga bulan untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka dan juga tugas-tugasnya.

Pada tahap awal, pihaknya melalui partai politik pemenang pemilu legislatif akan membangun disiplin anggota dewan baru dengan meminta kehadiran mereka pada setiap kegiatan dewan.

Selain itu, pihaknya juga akan mengadakan rapat pleno diinternal anggota dewan lama dan baru untuk membahas perlu tidaknya dilakukan semacam kursus singkat atau pembelajaran agar mereka paham tugas dan kewenangan legislatif.

Calon anggota legislatif terpilih yang sudah ditetapkan KPUD Kota Kediri dari PDIP Wara Sundari Renny Pramana mengatakan pada tahap awal yang diperlukan bagi anggota dewan baru adalah membangun komunikasi diantara mereka dan menyamakan persepsi untuk sama-sama memperjuangkan kepentingan rakyat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com