Kamis, 24 April 2014
Rebecca: Jadi Mualaf Setelah Dengar Tahlilan
Senin, 16 November 2009 | 16:38 WIB
|
Share:
KOMPAS ENTERTAINMENT/IRFAN MAULLANA
Rebecca Reijman
TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com Penyanyi dan bintang iklan Rebecca Reijman memutuskan memeluk Islam setelah mendengarkan ayat suci saat menghadiri malam tahlilan (alm) Andrey Chilink, mantan penggebuk drum grup band Bunglon yang tewas setelah mobil yang ditumpanginya terperosok ke jurang di kawasan Dago, Bandung, beberapa waktu lalu.

"Saya mualaf pas dua hari sebelum Lebaran. Dengar tahlilan, saya merasa tidak kosong lagi," kenang Rebecca saat ditemui di Jakarta Selatan belum lama ini.

Saat itu, diakui mantan kekasih Abi Yapto itu, ia dalam kondisi labil bahkan sempat mengungsi di Bali untuk mencari ketenangan diri. "Tapi setelah mendengarkan tahlilan itu, aku justru merasa ada yang di samping aku dan beri aku kekuatan," aku Rebecca.

Diakui, keinginannya memeluk Islam tanpa paksaan atau dorongan orang lain. "Enggak ada yang maksa aku buat meluk agama karena awalnya aku tidak beragama. Di Belanda sudah biasa seperti itu," ungkap Rebecca.

Meski begitu, keluarga besar Rebecca cukup mafhum dengan keputusannya menjadi seorang mualaf. "Keluarga di Belanda memang tanya aku, dan saya jelaskan, akhirnya mereka men-support saja. Tidak ada yang bilang 'hei kamu mau ngapain'," ungkapnya.

Setelah membacakan dua kalimat syahadat, ia mengaku kian getol mendalami ajaran Islam. "Saya syahadatnya di rumah saya, saya belajar Islam baca buku tapi enggak ngerti. Ya saya belajar dari internet karena di internet banyak pelajaran Islam bahasa Belanda," ungkap gadis kelahiran Belanda, 21 Februari 1985 itu.

Saat ini, Rebecca mengaku sedang mendalami bacaan tasyahud dan berupaya tak ketinggalan shalat lima waktu. "Paling susah belajar tasyahud, pembacaan tahiat pada waktu shalat. Shalat saya belajar kerjakan lima hari sekali, kalau lagi kerja saya pasti usahakan shalat," tutupnya. (C7-09)