Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Fals hingga Slank Galang Dana untuk Yudhie "Grass Rock"

Kompas.com - 08/01/2010, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketika grup Grass Rock, yang pernah terkenal pada 1990-an dengan lagu-lagu "Anak Rembulan (Peterson)", "Gadis Tersesat", dan "Bersamamu", bersiap-siap kembali ke industri musik Tanah Air, Yudhie (45), pemain bas formasi lama band tersebut, justru tidak bisa ikut.

Dikabarkan melalui facebook oleh Adib Hidayat (majalah "Rolling Stone" Indonesia) dan Remy Soetansyah (Rumah Musik Indonesia), sejak 2 Januari 2010 Yudhie dirawat di  Rumah Sakit Pelni, Jakarta. Menurut dokter yang merawatnya, seperti disebut oleh sumber yang sama, Yudhie menderita penyakit sirosis dan paru-paru, serta kini fungsi hati Yudhie tinggal lima persen saja. Untuk perawatan itu, dibutuhkan beaya yang tak sedikit.

Dalam rangka membantu pembeayaan perawatan Yudhie, pada 10 Januari 2010 di MU Cafe, Jakarta, pukul 15.00-22.00 WIB, akan diadakan konser penggalangan dana berjudul "Rock Charity for Yudhie Grass Rock". Tak kurang dari 20 nama artis musik, baik perorangan maupun grup, akan tampil dalam acara dengan harga tanda masuk Rp 50.000 per orang itu. Mereka, antara lain, Iwan Fals, Slank, Ungu, Boomerang, Andra and the Backbone, Ahmad Dhani, ADA Band, Totok Tewel, Seven Years Later, Blackout, Gribs, dan, tentu saja, Grass Rock.

Mereka yang tak bisa datang ke konser tersebut boleh menyalurkan bantuan uang melalui rekening BCA milik Iffet Veceeha Sidharta alias Bunda Iffet, manajer Slank, dengan nomor rekening 5700095179. Yudhie merupakan salah satu keponakan dari Bunda Iffet sekaligus saudara sepupu dari Kaka, vokalis Slank, dan Bimbim, drummer Slank.

Ketika Grass Rock vakum, Yudhie sempat menangani dokumentasi kegiatan Slank dan Koran Slank. Namun, ketika Grass Rock sedang menyiapkan diri untuk kembali ke industri musik Indonesia, Yudhie tak bisa ikut, karena penyakit yang dideritanya. Yudhie digantikan oleh Ersta Strya Nugraha. Sementara itu, Hans Sinjal (vokalis), menggantikan Dayan, yang meninggal pada 1999.

Semua uang yang masuk dari penjualan tanda masuk dan sumbangan lewat rekening bank tersebut akan diberikan kepada keluarga Yudhie. (ATI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com