Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Clint Eastwood Belajar pada Mandela

Kompas.com - 02/02/2010, 07:53 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com - Aktor Morgan Freeman dan Matt Damon berada di London, Inggris, untuk pemutaran perdana film terbaru mereka, "Invictus". Film ini disutradarai aktor gaek Clint Eastwood.

"Invictus" berkisah tentang mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, dan kaitannya dengan Piala Dunia Rugbi 1995.

”Pendekatan politik yang dipilih Mandela sungguh menarik. Ia memakai olahraga untuk menyampaikan misi rekonsiliasi (antarwarga berbeda warna kulit) di negerinya,” kata Clint Eastwood kepada BBC TV.

”Mandela itu salah seorang sosok populer dan kreatif di dunia ini,” kata Eastwood, pria kelahiran 31 Mei 1930.

Dalam "Invictus", peran utama sebagai Mandela yang berkulit hitam dipegang Morgan Freeman. Mandela mempunyai interaksi khusus dengan kapten tim rugbi Afrika Selatan yang berkulit putih, Francois Piennar (diperankan Matt Damon).

Hubungan kedua orang itulah yang dijadikan ”jiwa” dalam film tersebut. Eastwood mengaku tak mudah baginya membuat film tentang Mandela dan olahraga rugbi. Pasalnya, rugbi tak termasuk olahraga yang populer di Amerika Serikat.

”Butuh kerja keras (membuat Invictus), Anda harus membuat permainan rugbi yang menarik dan menampilkannya dengan indah (untuk penonton film),” cerita Eastwood yang berharap Invictus masuk nominasi penghargaan Oscar. (AFP/CP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com