Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maaf! Oscar Bukan untuk "Avatar"

Kompas.com - 08/03/2010, 12:12 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com Meski berhasil meraih pendapatan terbesar di tangga box office, film Avatar karya sutradara James Cameron tak mampu mengulangi kesuksesannya di panggung Academy Awards 2010 yang dihajat di Kodak Theatre, Los Angeles, Minggu (7/3/2010).

Avatar harus mengakui keunggulan film The Hurt Locker arahan sutradara Kathryn Bigelow, yang juga mantan istri Cameron, setelah dinobatkan sebagai Film Terbaik Oscar 2010. Para kritikus film menilai, kemenangan The Hurt Locker diraih karena memiliki cerita yang dianggap mendekati kenyataan, terkait isu perang Irak.

Pada Oscar tahun ini, sebanyak sepuluh film diunggulkan. Tahun lalu, jumlah unggulan hanya lima film.

Tahun ini, The Hurt Locker berhasil menyingkirkan saingan lain, seperti The Blind Side (Gil Netter, Andrew A. Kosove, dan Broderick Johnson), District 9 (Peter Jackson dan Carolynne Cunningham), An Education (Finola Dwyer dan Amanda Posey), Inglourious Basterds (Lawrence Bender), dan Precious: Based on the Novel Push by Sapphire (Lee Daniels, Sarah Siegel-Magness, dan Gary Magness), A Serious Man (Joel Coen dan Ethan Coen), Up (Jonas Rivera), dan Up in the Air (Daniel Dubiecki, Ivan Reitman, dan Jason Reitman). (TFT/EH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com