Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Avatar" Dorong Jutaan Orang Tonton Oscars 2010

Kompas.com - 09/03/2010, 14:44 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Jumlah penonton yang menyaksikan penayangan malam penganugerahan Academy Awards mengalami peningkatan cukup tinggi dalam kurun lima tahun terakhir.
 
Berdasarkan catatan perusahaan riset media Nielsen, sekitar 41,3 juta penonton menyaksikan acara yang dihajat di Kodak Theatre, Los Angeles, Minggu (7/3/2010) waktu setempat itu. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 14 persen dari siaran tahun lalu yang ditonton oleh 36,3 juta orang.

Asal tahu saja, pada perayaan Oscar tahun 2005, jumlah penonton yang menyaksikan tayangan Piala Oscar sebanyak 42,1 juta penonton.

Menurut Nielsen, dalam siaran hari Minggu kemarin, sebanyak 70 juta penonton menyaksikan setidaknya enam menit siaran Academy Awards.  

Sejumlah pengamat mengatakan, tingginya jumlah penonton pada acara penganugerahan Piala Oscar tersebut kemungkinan besar didorong oleh masuknya Avatar, film garapan sutradara James Cameron, yang ikut bertarung di kategori Film Terbaik. Jumlah nomine yang diunggulkan, yang tahun ini mencapai sepuluh film, juga dianggap turut memberi pengaruh terhadap peningkatan tersebut.  
 
Jumlah pemirsa tayangan Oscar menurun pada tahun 2008, ketika hanya ditonton oleh 32,01 juta. Banyak pihak yang memperkirakan bahwa penurunan terjadi lantaran unggulan Oscar didominasi oleh film-film independen.

Sementara itu, jumlah pemirsa sempat naik hingga 13 persen pada tahun 2009, ketika sejumlah konsep baru disodorkan, termasuk menghadirkan aktor Australia, Hugh Jackman, sebagai pemandu acara.  

Jumlah pemirsa siaran Piala Oscar tercatat paling tinggi pada perayaan Oscar tahun 1998, dengan jumlah 55,25 juta penonton. Jumlah penonton kala itu boleh jadi meningkat karena banyak orang ingin memastikan apakah film Titanic bakal memenangkan penghargaan Film Terbaik kala itu setelah film tersebut berhasil menjadi obrolan masyarakat dunia dengan mencatat rekor penonton yang sejibun. (AFP/EH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com