Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slank Kapan Berkonser Lagi?

Kompas.com - 21/03/2010, 13:50 WIB

DAHONO FITRIANTO

KOMPAS.com — Sudah lebih dari lima bulan ini Slank belum mendapat izin polisi untuk menggelar konser terbuka. Praktis sudah setahun grup rock tersebut tidak leluasa berekspresi dan menemui para penggemarnya.

Penabuh drum sekaligus pentolan Slank, Bimbim, mengatakan, terakhir mereka menggelar konser saat mengikuti rangkaian Yamaha Tour Cinta Damai di 10 kota pada Februari 2009. Setelah itu, seiring dengan dimulainya rangkaian kampanye pemilihan umum, Slank memilih vakum menggelar konser.

”Dari pengalaman, pasti enggak akan dapat izin konser pas masa kampanye. Selain itu, kami juga menghindari ditunggangi oleh partai politik,” tutur Bimbim di markas Slank di Gang Potlot, Jakarta Selatan, Selasa (16/3/2010).

Slank berencana tampil lagi seusai rangkaian pemilu legislatif dan pemilihan presiden. Namun, mereka ternyata belum diizinkan tampil oleh pihak berwajib.

Seusai pelantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono pada 20 Oktober 2009, ternyata Slank masih dilarang tampil. Manajemen Slank mencatat paling tidak ada tujuh konser Slank yang tidak mendapat izin dalam periode setelah tanggal 20 Oktober 2009 hingga Januari 2010, termasuk sebuah pertunjukan amal untuk penggalangan dana bagi korban gempa Sumatera Barat.

Bahkan saat hendak menggelar konser dalam rangka ulang tahun Slank yang menjadi tradisi Slank dan Slankers pada Desember 2009, mereka tidak diizinkan meski sudah berpindah-pindah hingga tiga kali. ”Kami sampai mencari lokasi di pinggiran Jakarta yang biasanya izinnya lebih mudah, tetapi tetap gagal. Bahkan di PRJ, yang keamanannya sudah dijamin pihak PRJ, tetap tidak dapat izin,” ungkap Bimbim, yang didampingi Kaka (vokal) dan Abdee (gitar).

Alasan keamanan

Menurut Bimbim, alasan pelarangan itu tidak pernah disampaikan langsung ke pihak Slank, tetapi kepada para penyelenggara acara di setiap daerah. Yang mereka tahu, alasan tidak dikeluarkannya izin itu berkaitan dengan alasan keamanan dan kekurangan personel polisi untuk mengamankan konser.

Namun, pelarangan itu kemudian merembet hingga ke tempat-tempat yang jauh dari Jakarta, tempat sejumlah demonstrasi berkait dengan berbagai kasus itu terpusat. Slank sempat dilarang tampil di Surabaya. Di Bandung, Slank dipersulit mendapat izin, sampai akhirnya diizinkan tampil di acara Inbox SCTV dengan syarat penampilan Slank di sana tidak boleh dipublikasikan. ”Baru pertama kali ini ada perintah polisi bahwa kami boleh main, tetapi tidak boleh dipromosikan,” imbuh Abdee.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com