Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Emak Ingin Naik Haji" Dominasi FFB 2010

Kompas.com - 02/04/2010, 14:48 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com -- Film Emak Ingin Naik Haji produksi Mizan Production & Smaradhana Pro mendominasi perolehan nominasi pada penyelenggaraan Festival Film Bandung (FFB).

Dari dua belas kategori yang diperebutkan, sembilan di antaranya didapat film yang disutradarai Aditya Gumay itu. Pengumuman nominasi FFB dibacakan di kampus Unpad, Bandung, Kamis (1/4/2010).

Emak Ingin Naik Haji diunggulkan di kategori Film Terpuji, dan menempatkan aktor Reza Rahadian sebagai nomine untuk Pemeran Utama Pria Terpuji. Aktris senior Ati Kanser, yang menjadi tokoh utamanya, diunggulkan sebagai  Pemeran Utama Wanita Terpuji. Sementara Aditya Gumay diunggulkan untuk Sutradara Terpuji.

Pesaing Emak Ingin Naik Haji datang dari film Sang Pemimpi, sekuel dari film Laskar Pelangi arahan sutradara Riri Riza, yang membuntutinya dengan menempatkan unggulannya di tujuh kategori, di antaranya  Azwir Fitrianto  (Pemeran Pembantu Pria Terpuji), Rieke Dyah Pitaloka  (Pemeran Pembantu Wanita Terpuji), dan Riri Riza  (Sutradara Terpuji).

Selain itu,  Sang Pemimpi juga menempatkan Gusnar Nimpuno sebagai nomine untuk Penata Kamera Terpuji, Eros Efhin  (Penata Artistik Terpuji), dan Said Effendi (Penata Musik Terpuji).

Di Film Terpuji, Emak dan Sang Pemimpi akan bersaing ketat dengan unggulan lainnya, yakni  King, Ketika Cinta Bertasbih 1, dan Jamila dan Sang Presiden. Di kategori Sutradara Terpuji, Sujiwo Tejo, pedalang yang kini menjajal penyutradaraan film lewat  Bahwa Cinta Itu Ada akan berasing dengan  dengan Ari Sihasale (King), Chaerul Umam (Ketika Cinta Bertasbih 1), Aditya Gumay (Emak Ingin Naik Haji), dan Riri Riza (Sang Pemimpi).

Berdasarkan data yang dihimpun panitia FFB, total judul film yang dinilai pada Festival Film Bandung 2010 berjumlah 79 film nasional, 100 film impor, dan 342 sinetron.

Tahun ini sebanyak 21 anggota juri terlibat dalam penyaringan dan penilaian untuk menentukan siapa yang berhak menyandang prsdikat terpuji. Mereka di antaranya, Sutarjo, Yacob Sumarjo, Saini KM, Eddy D Iskandar, Ratna Juwita, Rosid G Abi, Yus R Ismail, dan Arditia Danu Subroto.

Pembacaan pengumuman para terpuji itu akan dilangsungkan pada malam puncak Festival Film Bandung pada 23 April mendatang.

Forum Film Bandung (FFB) mengadakan Festival Film Bandung untuk merayakan ulang tahun Kota Bandung setiap tanggal 1 April. "Sedangkan malam puncak sengaja diadakan tanggal 23 April karena saat ini FFB berusia 23 tahun," kata Ketua Festival Film Bandung Edison Nainggolan. (EH/ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com