Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayu Dyah Pasha: Andai seperti Singapura

Kompas.com - 05/04/2010, 19:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Berulang kali menyaksikan pertunjukan opera di Singapura, yang ditonton oleh banyak warga negara Indonesia, rupanya membuat artis peran Ayu Dyah Pasha menginginkan negeri ini memiliki tempat yang layak untuk pementasan opera dan pertunjukan seni peran lainnya.

"Berulangkali nonton opera atau teater di Singapura, seperti cerita Mamma Mia!, justru kebanyakan penontonnya teman-teman dari Indonesia. Sekarang memang tengah dibikin pemerintah, Grand Theater di TMII. Tapi, belum bisa dipastikan representatif," kata Ayu yang ditemui di FX, Senayan, Jakarta, Senin (5/4/2010).

Meski jauh lebih sering bermain dalam film dan sinetron, Ayu bukan sosok asing dalam pementasan drama. Ayu pernah berperan sebagai Bunda Minke, ibu dari Ontosoroh, dalam drama Nyai Ontosoroh. Tokoh utamanya dimainkan oleh aktris Happy Salma.

Tidak hanya itu, menurut Ayu, kualitas para artis peran juga perlu ditingkatkan. Caranya, para artis peran asing diberi kesempatan untuk ikut audisi di sini dan mereka yang berasal dari negeri ini menjalani hal yang sama di luar negeri. Pertukaran semacam ini akan mendorong kemajuan pertunjukan seni peran dan artis peran dalam negeri yang kini tengah menggeliat.

"Teman-teman bisa mendapat pelajaran dari mereka. Demikian sebaliknya, pemain teater, drama, bisa pentas di event teater dunia," kata perempuan kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 4 Februari 1964 ini. (Persda Network/esy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com