Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasto Tambah Isi Pundi Uang

Kompas.com - 29/04/2010, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Isi pundi uang duo vokalis cowok Pasto, Rayeen dan Meeltho, bertambah. Itu mereka peroleh sejak menjadi pelatih vokal untuk para kontestan Indonesian Idol 2010.

"Puji Tuhan, kami bisa menghidupi keluarga," ujar Rayeen bersyukur sambil tertawa, ketika ditemui di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (29/4/2010).

Rayeen dan Meeltho menjadi pelatih vokal Indonesian Idol 2010 sejak tahap 24 besar. Meeltho mengaku, Pasto mendapat tawaran untuk melatih vokal 24 perserta lomba nyanyi itu karena punya latar belakang mengajar vokal secara privat dan di sekolah musik Alto.

"Kebetulan, Meeltho mengajarkan teknik vokal, mulai dari pernapasan, pitch control, dinamika, dan produksi vokal. Sementara itu, Rayeen mengurus soal aransemen lagu," terang Meeltho.

Pekerjaan tersebut bagi Pasto bukanlah hal yang mudah. Menurut Meeltho, tantangan yang harus mereka hadapi adalah mengolah perbedaan karakter suara dan kapasitas para peserta. "Tantangannya, mengarahkan mereka sesuai karakter," ujarnya.

Pasto pun harus bisa membangun mental positif para peserta. "Apa yang kami latih enggak akan jalan kalau mereka enggak punya mental," ujar Meeltho lagi.

Oleh karena itu, Pasto harus pula bertindak sebagai motivator. "Kami cukup mengerti tekanan yang mereka hadapi karena kami punya pengalaman nyanyi di panggung; bukan menggurui, tapi share," timpal Rayeen. (ANI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com