Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Chrisye Buka-bukaan di Akhir Hayatnya

Kompas.com - 08/05/2010, 00:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — The Last Words of Chrisye. Inilah buku terbaru yang ditulis Alberthiene Endah (AE). Sebuah buku yang mengupas tentang pergulatan batin penyanyi legendaris Chrisye di ujung hidupnya.

Ya, sebelum kepergiannya, Chrisye, penyanyi yang wafat pada 30 Maret 2007 karena penyakit kanker paru-paru itu, membeberkan segala hal yang selama ini dikuburnya dalam-dalam.

Bahkan, Damayanti Noor, istri mendiang Chrisye, begitu terkaget-kaget ketika di ujung akhir hayatnya, Chrisye begitu sangat terbuka dan mau blakblakan membeberkan kisahnya kepada AE.

"Jadi dalam buku ini paling tidak dia (Chrisye) bisa jujur kepada dirinya, walaupun aslinya dia tidak mau terbuka, tapi dia mau bicara," papar Yanti, sapaannya, seusai peluncuran buku The Last Words of Chrisye di Plaza Senayan Jakarta, Jumat (7/5/2010).

Menurut Yanti, suaminya yang tertutup itu tanpa diminta justru lebih terbuka menjelang akhir hidupnya. "Dan itu betul-betul kemajuan bahwa pendiamnya dia tidak selalu membawa kebaikan buat dirinya maupun bagi orang lain. Sampai dia tulis, 'Kalau saya terlahir kembali, saya ingin jadi orang terbuka'," kenang Yanti.

Selalu ada proses dalam hidup. Dan itu, lanjut Yanti, dilalui Chrisye justru ketika penyakit paru-paru mulai menggerogoti raganya. "Dia bisa berproses seperti itu karena sakitnya, jadi dia mensyukuri, dan saya pun mensyukuri bisa mengalami perjalanan hidup yang belum tentu orang lain mengalami," ungkapnya.

Dari situ pula, Yanti akhirnya banyak tahu bahwa Chrisye semasa hidupnya sempat berseteru dengan sahabatnya sendiri, musisi Jockie Suryoprayogo dan Eros Djarot, dalam hal bermusik. "Saya akhirnya tahu ada masalah yang belum terselesaikan antara Jockie, Eros, dan Chrisye. Justru biasanya dia tidak mau bicara soal itu," ulas Yanti.

Yanti berharap kisah hidup yang dilalui Chrisye dan dituangkan lewat The Last Words of Chrisye akan memberi manfaat dan pembaca bisa memetik hikmahnya. "Saya berharap siapa yang membaca buku ini dengan mata hati mereka akan mendapat sesuatu yang memang harus kita syukuri. Jadi jangan lihat sosok Chrisye-nya, tapi justru di balik itu. Chrisye hanya sebagai contoh yang ditulis AE. Buat saya semua sudah suratan bagi saya untuk melewati ini semua," papar Yanti.

Sebagai seseorang yang mendampingi hingga akhir hayatnya, Yanti menaruh bangga dan bahagia bisa menjalani hidup bersama Chrisye hingga dikaruniai empat orang anak. "Meskipun dia seorang yang pendiam, tidak terbuka, tapi anugerah Tuhan atas suaranya dia itu yang bisa membuat orang lain begitu senang," tandasnya. (FAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com