Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Lintas Zaman dalam "Glee"

Kompas.com - 27/06/2010, 09:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedi musikal Glee bagaikan melting pot, panggung besar tempat bertemunya ragam musik dari berbagai era dan genre. Tak kurang dari 125 lagu terangkum dalam Glee sesi I yang ditayangkan jaringan televisi terestrial Fox. Dan dibuatkan empat album oleh Sony Music.

Salah satu pertemuan lintas zaman yang paling riil terlihat pada lagu ”Don’t Stand So Close to Me/Young Girl”. Lagu ”Don’t Stand So Cloe to Me” adalah milik band rock Inggris The Police yang populer pada tahun 1980. Sedangkan lagu ”Young Girl” adalah kepunyaan band pop rock asal California, AS, yaitu Gary Puckett and The Union Gap. Lagu ini terbit tahun 1968.

Dari tahun 1968 sampai 1980 terentang masa yang dalam kehidupan telah melahirkan satu generasi. Jurang generasi itu terjembatani oleh Glee. Dalam Glee, lagu itu diramu dalam satu komposisi. Melodi kedua lagu terkesan menyambung.

Yang menarik, ”Don’t Stand So Close to Me” tidak kehilangan rasa The Police-nya, termasuk rasa white reggae, jenis musik yang diusung Sting dan kawan-kawan. Bahkan, entakan drum Stewart Copeland yang ”janggal” itu masih tersisa jelas. Demikian juga ”Young Girl” tetap berada dalam roh yang sama dengan versi Gary Puckett and The Union Gap.

Secara tema, kedua lagu itu berada dalam satu payung yang sama, yaitu seorang pria yang tergetar hatinya kepada gadis belia, setengah dari usianya. Akan tetapi, dia takut tergoda dan jatuh cinta. Dua tokoh pria dalam lagu ingin menjauhkan sang gadis dari pikirannya. The Police mengatakan ”...don’t stand so close to me”. Sedangkan Gary Puckett bilang ”...young girl get out of my mind”.

Lagu ”tua” dan Madonna

Dalam Glee tidak dikenal lagu ”tua” atau lagu baru. Hukum usia semacam itu tidak berlaku dalam budaya pop versi Glee. Semua lagu dalam drama musikal itu terasa baru. Tak terkecuali lagu ”Smile” yang dari sisi penciptaan telah berumur hampir 75 tahun. ”Smile” adalah lagu gubahan Charles Spencer Chaplin (1889-1977) yang lebih dikenal sebagai Charlie Chaplin sang komedian itu.

Lagu itu telah menjadi lagu standar yang dalam sejarah musik pernah dibawakan penyanyi kondang, termasuk Nat King Cole, Judi Garland, Barbra Streisand, Eric Clapton, hingga Josh Groban. Bahkan, Steven Tyler, vokalis band rock Aerosmith, itu pernah membawakannya bersama trumpetis jazz, Chris Botti. ”Smile” muncul dalam episode ”Mattress” dan termuat dalam album Glee: The Music, Volume 2.

Lagu standar jazz ”Lady is A Tramp” karya Rodgers dan Hart tahun 1937 disodorkan dalam Glee dengan rasa swing full lengkap dengan sound big band. Lagu itu antara lain dipopulerkan Ella Fritzgerald, yang berjuluk First Lady-nya jazz. Kebetulan, ”Lady is A Tramp” juga lagu tema musikal

Babes In Arms.

Realitas panggung pop memang tersatukan dalam Glee. Mulai ”Somebody To Love” dari Queen sampai ”My Life Would Suck Without You”-nya generasi American Idol, yaitu Kelly Clarkson. Ada era Beatles dengan ”Hello Goodbye” sampai gaya rollingstonenan segala, seperti ”You Can’t Always Get What You Want” dan ”Imagine”-nya John Lennon.

Madonna mendapat tempat khusus dalam Glee. Dia menjadi episode tersendiri bertajuk The Power of Madonna. Dalam seri album Glee The Music, ada tujuh lagu Madonna di album ini, antara lain Like A Virgin dan Like A Prayer.

Kelintasgenerasian Glee menemukan bentuk nyata karena musikal itu digemari penonton remaja. Mereka bukan jenis penostalgia, melainkan generasi yang mampu mengapresiasi lagu lama. Mereka tidak mempersepsikannya sebagai ”lagu daur ulang”, sebuah istilah yang melecehkan kekuatan lagu. (XAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com