Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angelina Jolie Kunjungi Warga Muslim Korban Banjir

Kompas.com - 08/09/2010, 12:53 WIB

PAKISTAN, KOMPAS.com -- Angelina Jolie benar-benar menunjukkan semangat kepeduliannya terhadap para korban bencana yang membutuhkan pertolongan, tanpa pandang bulu. Untuk kesekian kalinya, kekasih aktor Brad Pitt itu mengunjungi Pakistan pada Selasa (7/9/2010).

Kali ini, ia mengunjungi warga korban banjir di kawasan Jallozai, Pakistan, yang dihuni warga Muslim.  Jolie, yang mengenakan celana panjang dipadu tunik dan kerudung serba hitam, sempat melihat beberapa lokasi yang rusak akibat terjangan banjir.

Ia juga bertemu dengan para korban dan berbincang-bincang bersama para pengungsi untuk mengetahui segala hal terkait bencana itu. "Ini situasi yang sangat kompleks," kata Jolie kepada wartawan usai mengunjungi wilayah tersebut.

"Ini sangat, sangat panjang, situasi lama yang memerlukan dukungan kita terus-menerus dalam kurun untuk waktu yang sangat, sangat panjang," tambah bintang film Salt ini.  

Sekitar 1.700 orang tewas dan 17.000.000 penduduk kehilangan tempat tinggalnya, demikian BBC melaporkan.

"Saya sangat tersentuh oleh mereka, dan saya berharap, hari ini dan besok,  saya bisa melakukan sesuatu untuk menggalang bantuan yang dibutuhkan  warga korban banjir di Pakistan," ujar Jolie.  "Mereka telah kehilangan rumah mereka. Banjir begitu tinggi hingga mencapai langit-langit rumah.Saya benar-benar kaget," katanya.

"Semua rumah mereka hanyut, runtuh, dan terbawa lumpur. Padahal itu harta hidup mereka," lanjut Jolie. "Banyak dari mereka kehilangan anaknya saat banjir."

Bagi Angelina Jolie, kunjungannya ke Pakistan telah dilakukannya beberapa kali  sejak ia diangkat sebagai duta untuk badan pengungsi PBB di awal tahun 2001.

Voice of America  melaporkan bahwa PBB telah mengajukan permohonan dana darurat sebesar 460 juta dollar AS  pada tanggal 11 Agustus lalu, namun hanya disetujui sebesar 294 juta dollar atau 64 persen dari anggaran yang diajukan.

Warga dan pemerintah setempat berharap Jolie akan mengunjungi mereka lagi  untuk memberikan  bantuannya bagi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com