Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

65 Tahun, dan Masih Punya "Bikini Body"

Kompas.com - 27/09/2010, 17:48 WIB

KOMPAS.com - Helen Mirren menjadi satu dari hanya beberapa gelintir perempuan yang tetap tampak bugar dalam usia "menopause"-nya. Dua tahun lalu, beredar foto aktris Inggris berusia 65 ini hanya dalam balutan bikini berwarna merah. Menanggapi fotonya yang tengah liburan di Italia itu, Helen merendah, dan mengatakan bahwa fotonya lah yang bagus, bukan dirinya.

Kini, dengan tubuh masih sesegar dulu, Helen membocorkan rahasia mengapa perutnya masih terlihat kencang, yaitu mengempiskan perut. "Menahan perut itu trik lain agar kita terlihat dan merasa seksi," katanya. "Saya tidak tahu kenapa, tapi pada dasarnya saya selalu mengempiskan perut."

Pada majalah Woman and Home edisi "40 Inspirational Women Over the Age of 40", aktris peraih Oscar ini juga mengatakan, sebagian tubuhnya memang tampak baik-baik saja, tapi selebihnya tidak. "Jujur saja, saya tidak suka bagian dari pinggang ke bawah ini," seru perempuan yang tampil seksi bersama Olivier Martinez di film The Roman Spring of Mrs. Stone ini.

Untuk mendongkrak percaya dirinya, masih ada "senjata rahasia" lain yang biasa dilakukannya. Sepatu berhak 10 cm, menurutnya, membuat kakinya terlihat sangat jenjang. "Dulu saya hanya bisa membelinya di stripper shop, tapi sekarang kita bisa membeli sepatu seperti itu dimana saja. Sayangnya, itu artinya semua orang sudah menemukan trik ini juga," selorohnya.

Bikini untuk perempuan matang
Helen bukan satu-satunya aktris berusia di atas 50 tahun yang masih berani tampil berbikini (tentu karena tubuhnya yang masih indah). Jerry Hall (54) dan Kim Catrall (54) adalah contoh lainnya. Mereka tidak memilih pakaian renang model one-piece, yang biasanya tidak terlalu menonjolkan bentuk tubuh.

Dari foto-foto mereka, terlihat bahwa mereka mengenakan pakaian renang model two-pieces (bikini) yang menyesuaikan tubuh perempuan matang. Teknologi dalam swimwear sendiri saat ini memungkinkan untuk mewujudkan desain semacam itu. Misalnya, talinya dibuat lebih lebar, kawatnya lebih kuat, dilengkapi dengan jala yang bisa mendukung dan membentuk payudara seperti yang dilakukan lingerie. Kemudian celana bikininya juga memiliki garis pinggang yang lebih tinggi.

Di Inggris, bikini yang dijuluki "grankini" ini dijual di jaringan department store Debenhams. Dalam dua tahun, penjualan grankini meningkat 118 persen. Sebuah survei pun menunjukkan, dalam beberapa tahun terakhir 71 persen perempuan usia 50-65 tahun sudah mengganti pakaian renang one-piece-nya dengan bikini.

"Kostum yang tertutup pada perempuan matang pasti menggambarkan bahwa pemakainya seorang nenek. Tetapi bikini yang mampu mendukung bagian tubuh secara proporsional tidak akan berkesan tua, dan mampu menonjolkan bentuk tubuh yang alami," papar Sasha Nagalingham, swimwear buyer dari Debenhams.

Berkat figur publik seperti Helen Mirren dan Kim Cattrall, para perempuan seusia mereka pun jadi makin percaya diri untuk menampilkan diri apa adanya. Penuaan adalah peristiwa alami yang harus dihadapi, karena itu, untuk apa disembunyikan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com