Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelenggara Q Film Festival Urungkan Pemutaran Film

Kompas.com - 28/09/2010, 18:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak penyelenggara Q Film Festival memilih untuk tak memutar filmnya di sejumlah lokasi menyusul aksi demo yang dilakukan FPI, Selasa (28/9/2010).

Pembatalan pemutaran salah satunya dilakukan di Centre Cultural Francais (CCF) Jakarta yang sedianya berlangsung pada Selasa siang tadi. "Yang membatalkan bukan CCF, melainkan dari Q Film Festivalnya," kata Atika Suri Fanani, Media Relations CCF Salemba, kepada wartawan, Selasa.

Atika mengatakan, CCF sebagai salah satu tempat pemutaran film Q Festival mengatakan telah mendapat pemberitahuan dari panitia bahwa pemutaran termin pertama pada pukul 14.30 dibatalkan. "Kami masih tunggu kabar dari Jhon Badalu, Direktur Q Film Festival, untuk pukul 20.00, apakah batal tayang atau tidak," kata Atika.

Selain CCF, lanjut Atika, ada beberapa tempat lain yang batal menayangkan film. "Setahu saya untuk pemutaran jam pertama selain CCF, Japan Foundation, dan Kineforum Taman Ismail Marzuki (TIM) juga batal," katanya.

Sementara itu, lewat akun Twitter Q Film Festival, pihak penyelenggara sempat memberikan pengumuman. "Semua acara akan diusahakan berlangsung sesuai jadwal. Semua perubahan akan di-update melalui Twitter kami. Stay tuned!"

Sementara itu, sebelum mendatangi Goethe Institut, FPI terlebih dahulu mendatangi CCF Salemba pada pukul 10.30. Menurut Atika, lima perwakilan FPI datang memberikan surat peringatan yang sebenarnya ditujukan untuk panitia Q Film Festival. "Isinya ya mereka tidak suka dengan festival film ini," kata Atika.

Seperti diberitakan, FPI menggelar aksi di depan gedung Goethe Institut. Pengunjuk rasa menuntut pusat kebudayaan membatalkan pemutaran film bertema gay dalam Q Film Festival yang akan menampilkan 150 film dari 20 negara yang mengangkat isu-isu tentang hak gay dan HIV/AIDS. Mereka melontarkan ancaman bahwa pihaknya akan melancarkan aksi yang lebih tegas bila tidak mengindahkan surat peringatan dalam kurun waktu 1 x 24 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com