Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Duta Membuka Mata Puteri Indonesia

Kompas.com - 07/10/2010, 13:46 WIB

KOMPAS.com - Gelar duta semakin banyak dinobatkan kepada figur publik. Berbagai institusi, pemerintah maupun swasta, berharap duta bisa membantu menyampaikan pesan lebih menarik dan menjangkau khalayak lebih luas lagi. Kesempatan menjadi duta juga semakin terbuka lebar bagi perempuan. Partisipasi perempuan nyatanya dibutuhkan dan memang sudah semestinya perempuan lebih berkontribusi untuk kepentingan banyak orang.

Zukhriatul Hafizah, Puteri Indonesia Lingkungan 2009, mendapat kesempatan menjadi duta dari Komnas Pengendalian Tembakau. Kesempatan ini terbuka lebih luas lagi baginya sejak terlibat dalam ajang pemilihan Puteri Indonesia. Fiza, panggilan akrabnya, dinobatkan sebagai Duta Masyarakat Sehat Tanpa Rokok sejak Mei 2010.

"Ajang Puteri Indonesia memberikan banyak pengalaman dan membuka wawasan. Rasa nasionalisme semakin meningkat, selain juga kepedulian sosial," tutur Fiza, yang memiliki keinginan besar untuk turut berkontribusi bagi kepentingan banyak orang.

Pada kesempatan terpisah, presenter Ratna Listy menuturkan kesukacitaannya menjadi duta. Kementerian Sosial Republik Indonesia memilih presenter Bedah Rumah ini menjadi Duta Komunitas Adat Tertinggal (KAT) hingga 2012 nanti.

Menteri Sosial Salim Segaf Al'Jufrie mengakui peran duta yang dicanangkannya sangat efektif membantu sosialisasi program kementerian. Tujuan keterlibatan duta adalah supaya masyarakat luas mengetahui ada KAT, kemudian bisa memunculkan kontribusi. Dengan begitu, berbagai pihak termasuk dunia usaha bisa berpartisipasi melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

"Perempuan itu kuat. Kekuatan ini bisa dimanfaatkan untuk aktif di segala bidang. Tak hanya mampu berperan dengan  multiperan di rumah, sebagai ibu dan istri. Perempuan juga bisa berpartisipasi dalam ranah publik," paparnya beberapa waktu lalu.

Kesempatan menjadi duta membuka jalan bagi Ratna yang ingin menyebarkan misi perdamaian dan pemberdayaan masyarakat suku terasing.

Banyak lagi perempuan yang dipercaya dengan kemampuan dirinya, serta didukung popularitas sehingga terpilih menjadi duta. Seperti Puteri Indonesia 2009 Qory Sandioriva yang dipercaya menjadi Duta Harimau oleh Kementerian Kehutanan sejak 22 Januari 2010. Melanie Subono juga diangkat menjadi duta oleh Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan sebagai Duta/Sahabat Perempuan pada 21 April 2009.

Di luar negeri, penulis buku tentang anak dan pendidikan Totto Chan, Gadis Cilik di Jendela,  Tetsuko Kuroyanagi, dinobatkan sebagai Duta UNICEF. Kuroyanagi dipilih sebagai duta internasional UNICEF sejak 1984. Perempuan ini memecahkan rekor menjadi duta UNICEF terlama. Setiap tahun, dia mengunjungi dua negara untuk membela kepentingan anak di seluruh dunia. Anda juga tentu mengenal Angelina Jolie dan perannya sebagai duta United Nations High Commission for Refugees (UNHCR). Badan PBB pun memilih tokoh ternama yang dianggap mampu merepresentasikan programnya di tingkat dunia.

"Saya bermimpi menjadi spokesperson Indonesia di tingkat dunia untuk lingkungan," ujar Fiza menyebutkan rencananya setelah nanti, pada 8 Oktober 2010 akan menyerahkan mahkota Puteri Indonesia Lingkungan kepada salah satu finalis Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2010. Inilah salah satu mimpi Fiza yang terdorong dari pengalamannya selama satu tahun menjadi puteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com