Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koil dan ST 12: Band Kambuhan

Kompas.com - 23/10/2010, 07:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagaimanakah Otong (39) menggambarkan grupnya, Koil, band electro metal dari Bandung yang punya penggemar khusus, bahkan semacam cult?

”Band kami band kambuhan. Setiap pemain punya kesibukan sendiri-sendiri, tidak melulu nge-band,” kata Otong, vokalis Koil, sembari tertawa.

Malam itu, Koil tengah bersiap-siap untuk latihan bersama Charly van Houten (25), yang dikenal sebagai vokalis dari kelompok band yang digemari remaja, ST 12. Charly mengaku kolaborasinya dengan Koil bisa membuka kemungkinan-kemungkinan baru bagi eksplorasinya bermusik.

”Di industri musik, kami juga selalu harus memperhitungkan khalayak. Tidak bisa begitu saja mengagetkan mereka,” kata Charly. Maksudnya, bersama Koil, dia bisa lebih bebas. Bekerja sama dengan Koil membuatnya gembira. Ia mengaku menyukai Koil sejak dia pakai celana pendek.

”Suara dia kan bagus, suara saya jelek,” Otong menimpali. ”Lebih mudah dia mengikuti Koil daripada saya mengikuti ST 12. Nada saya rendah. Tidak bisa main dengan band lain, kecuali Koil. Hanya Koil yang bisa mengiringi saya,” tambah Otong berseloroh.

”Koil punya warna yang kuat,” Charly menukas. (BRE)
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com