Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sawung Jabo Dukung Indro "Kimpling"

Kompas.com - 30/10/2010, 15:55 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Musisi eksentrik Sawung Jabo menyatakan dukungannya terhadap niatan Direktur Eksekutif Jogja Gallery KRMT Indro "Kimpling" Suseno yang mencalonkan diri sebagai wali kota Yogyakarta melalui jalur independen.

Gitaris punggawa Kantata Takwa itu melihat Yogyakarta membutuhkan sosok yang bisa memperjuangkan kebudayaan. "Bukan karena saya memang dekat dengan Kimpling, tetapi sebagai seniman, boleh dong saya memimpikan kembalinya kejayaan seni dan budaya Yogyakarta," ujarnya, Jumat (29/10).

Indro yang sebelumnya menyatakan akan mengusung visi membangun kembali kebudayaan sebagai ruh Kota Yogyakarta dinilai Jabo menjadi harapan seniman seperti dirinya untuk melihat kejayaan seni budaya di Yogyakarta seperti dekade 1980-an.

"Dulu Yogyakarta banyak melahirkan seniman dan budayawan seperti WS Rendra, Bagong Kussudiardja, Romo Mangunwijaya, dan Didik Nini Thowok. Persinggungan antarseniman dan budayawan sangat intens dengan ruang-ruang ekspresi yang hidup. Sekarang sudah banyak tergeser mal," katanya.

Meski demikian, Jabo mengatakan dukungannya kepada Indro itu hanya sebatas dukungan moril saja dan ia tidak berniat ikut sebagai tim sukses. "Saya hanya berpesan kepada Indro agar menang secara bermartabat dan jika kalah, secara terhormat," ujarnya.

Indro (48) yang juga menjabat sebagai direktur majalah bulanan Kabare itu menyatakan akan mengembalikan jati diri kebudayaan Yogyakarta yang belakangan ini dinilainya sudah mulai hilang.

Indro berpandangan, kebudayaan yang memiliki akar kuat di Yogyakarta itu dijadikan pondasi pembangunan akan mampu menyejahterakan warganya. Dengan modal visi itu, Indro meyakini ia bisa meraup banyak simpati dari sesama warga Yogyakarta yang berbagi kegelisahan yang sama dengannya.

Bursa calon wali kota untuk Pilkada Yogyakarta 2011 sudah lama bermunculan. Siapa pun pemenangnya nanti, Yogyakarta dipastikan akan dipimpin wajah baru mengingat wali kota saat ini, Herry Zudianto, sudah habis masa jabatan dua periodenya.

Selain Indro, nama-nama yang sudah muncul dan menyatakan niatan maju sebagai bakal calon wali kota adalah Imam Priyono (Direktur Utama PDAM Yogyakarta), Haryadi Suyuti (Wakil Wali Kota Yogyakarta), Immawan Wahyudi (Ketua PAN DIY), Hanafi Rais (putra sulung Amien Rais), Arif Noor Hartanto (anggota DPRD DIY), dan Latifah Iskandar (PAN). (ENG)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com