Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robby Tumewu Jalani Dua Terapi

Kompas.com - 03/11/2010, 09:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kondisi kesehatan komedian Robby Tumewu makinmenunjukkan peningkatan cukup positif. Saat ini, Robby tengah menjalani terapi untuk memulihkan kondisi kesehatannya yang saat ini sudah mencapai 60 persen.

"Kalau sadar bisa dikatakan 100 persen  tetapi kalau tubuh masih 60 persen karena kalau stroke pasti ada kelumpuhan, jadi kami melakukan terapi," jelas Rubiana, dokter spesialis saraf, salah satu tim dokter yang menangani Robby di Rumah Sakit Pondok Indah, Lantai 6, Jakarta, Selasa (2/11/2010).

Sementara itu, dr Laura Djuriantina, dokter spesialis rehabilitasi medik, menambahkan ada dua terapi yang dilakukan oleh tim dokter untuk menangani Robby. Terapi pertama adalah fisioterapi yang difokuskan pada fisik. Terapi ini dilakukan karena dokter berusaha memulihkan kondisi fisik Robby yang mengalami kelumpuhan sebagian agar tidak berdampak pada fisiknya yang lain.

Terapi lainnya adalah terapi kemampuan berbicara (speech) yang difokuskan untuk bahasa. "Ini dilakukan karena pembuluh darah otak sebelah kiri pasti berdampak pada bahasa," jelas Laura.

Sejauh ini,  lanjut Laura, kemampuan komunikasi Robby masih sangat terbatas sdehingga belum dapat berkomunikasi dengan baik. Hal itu dilihat dari daya tangkap Robby saat lawan bicaranya mengajaknya berkomunikasi.

 "Pembuluh darah sebelah kiri pecah, jadi agak sulit bicara, tetapi semangatnya cukup baik. Dia (Robby) sudah bisa senyum, senyumnya lebar, dan responnya besar. Bahkan ketika diajak bercanda dia ketawa, dia belum mengatakan satu kalimat apapun," ungkap Laura lagi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com