Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sherina: Edukasi HIV/AIDS Harus Sentuh Pelosok

Kompas.com - 01/12/2010, 12:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Edukasi mengenai HIV/AIDS dirasa oleh vokalis Sherina Munaf harus merata hingga menyentuh pelosok Tanah Air. Ia pun mengaku bersedia ikut memberi edukasi tentang bahaya virus yang mematikan itu.

"Aku rasa, aku punya kemampuan untuk sebar informasi, untuk informasi semuanya tentang ini, agar semuanya peduli bagaimana akibatnya dan bagaimana support-nya," papar Sherina ketika ditemui di Studio 6 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (1/12/2010).

Untuk memberi edukasi yang tepat sasaran, Sherina memerlukan data statistik. "Kalau sebar informasi itu perlu statistiknya. Aku browsing di internet dan mencari faktanya," jelasnya.

Dari data yang dihimpunnya, Sherina kemudian melakukan edukasi melalui jejaring sosial. "Aku beri statistik dalam bentuk booklet tentang fakta HIV/AIDS. Aku sebarin informasi juga lewat jejaring sosial," ujarnya.

Sebelum ke pelosok, Sherina tentunya juga akan memerhatikan lingkungan terdekatnya. "Kalau misalnya ada teman-temanku yang kena, ya paling aku bisanya memberikan support dan moral saja," ungkap penyanyi lagu "Geregetan" ini.

Sherina juga mengingatkan, HIV/AIDS tak selalu menular akibat berhubungan intim. "Virgin enggak virgin, enggak ada hubungannya dengan AIDS. Enggak ada terkait perawan atau perjaka, pokoknya kalau berhubungan ya harus pakai pengaman supaya bebas dari penyakit," pesan Sherina.

Tak hanya itu, Sherina merasa tes kesehatan juga amat penting untuk mengetahui kemungkinan virus HIV bercokol di tubuh. "Aku menyarankan untuk mereka yang sedah terinfeksi perlu untuk dites, medical check up, supaya tahu," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com