Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Absen di FFI, "Sang Pemimpi" Berjaya di Internasional

Kompas.com - 02/12/2010, 01:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tak ikut serta di ajang Festival Film Indonesia (FFI) bukan berarti menutup ruang bagi film Sang Pemimpi untuk bisa meraih penghargaan. Dalam dua pekan ini, film yang disutradarai Riri Riza tersebut malah berhasil memboyong dua penghargaan internasional.

Penghargaan  pertama diraih dari Ficci Children International Film Festival Madrid, Spanyol.  Film yang dibintangi Lukman Sardi dan vokalis Nazriel Irham alias Ariel "Peterpan" itu mendapatkan  piala Premio Juvenil (Youth Award).

Penghargaan kedua, kata Mira, yakni "The 3 Castles Award" dalam Castellinaria International Film Festival, Bellinzona, Switzerland pada pekan ini.

"Bagi kami wajib mengirim film ke festival-festival  di luar karena ini bisa menunjukkan wajah Indonesia ke dunia internasional," katanya ditemui di Jakarta, Kamis (1/12/2010).

Menurut istri aktor Mathias Muchus, itu  hal tersebut penting. "Bukan karena penghargaannya tapi isi dari film kita bisa memberikan gambaran, wajah tentang potret, seperti apa Indonesia. Ketika mendapatkan apresiasi lebih  tentu sangat menyenangkan sekali," ujarnya.   

Jika pun ia memilih untuk tidak mengikutsertakan filmnya di ajang FFI, kata dia, lebih sebagai bentuk protes atas tidak independennya penyelenggaraan FFI. "Sudah empat tahun kita memang tak mengikutsertakan film-film kita di FFI. Alasannya masih sama seperti dulu.  Menurut saya FFI masih tidak independen, masih dalam bayang-bayang Budpar (Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata) . Jadi  saya lebih menghargai sebuah festival lebih independen seperti JIFFest atau Forum Film Bandung," jelasnya.

"Selama FFI belum berubah, ya kami tak akan pernah ikut," tegas Mira. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com