Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayu Azhari Oh Ayu Azhari...

Kompas.com - 11/12/2010, 07:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dwi Ria Latifa, kuasa hukum yang ditunjuk Teemu Hyytia, mantan suami Ayu Azhari, hanya bisa geleng-geleng kepala melihat sikap Ayu yang tanpa beban menitipkan anak-anaknya--Atiq (12), Isabelle (5) dan Lennon (2)-- di kediamannya. Padahal dua anak lainnya, Axel (20) dan Sean (15), sejak beberapa hari ini telah menetap di kediamannya, setelah diusir dari apartemen Ayu di Simpruk Terrace, Jakarta Selatan.

Ayu, yang tengah melakukan dialog dengan kedua anaknya, Axel dan Sean, Jumat (10/12/2010), menyusul somasi yang dilayangkan kedua anaknya itu, memilih pergi untuk sementara waktu karena mengaku ada pekerjaan yang harus diselesaikan.

Dengan enteng pula, kakak kandung Ibra, Sarah dan Rahma Azhari itu, pergi meninggalkan dua anaknya, Isabel dan Lennon, yang masih di bawah umur itu dan menitipkannya kepada Ria. Hanya Maryam (14), anak ketiganya, yang diajak Ayu untuk menemaninya pergi. 

Kedatangan Ayu di kediaman kuasa hukum anaknya itu, Axel dan Sean, padahal untuk berdialog sebagai buntut dari dilayangkannya somasi dari pihak Ria terkait dugaan adanya tindakan kekerasan fisik dan psikis, serta penelantaran terhadap Axel dan Sean.

"Saya enggak bisa ngomong apa-apa. Kaget aja. Kesepakatan belum tercapai, tiba-tiba pergi dengan meninggalkan anak-anaknya di sini," ungkap Ria, yang mengaku baru pertama kali bertemu bintang film Telegram itu.       

Setelah lebih dari tiga jam menghilang, Ayu kembali datang untuk melanjutkan pertemuan dengan anak mereka dan menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi.  Layaknya orang yang telah kenal lama, Ayu datang tanpa beban dan tak tampak rasa canggung.

"Enak juga nitip anak di sini ya," celetujnya enteng sambil meraih Lennon, anak bungsunya buah pernikahan dengan Mike Tramp, mantan vokalis White Lion itu.  

Sejumlah wartawan yang berada di ruang itu, hanya bisa geleng-geleng kepala melihat sikap Ayu yang tanpa beban itu. "Emangnya TPA (Tempat Penitipan Anak)," celetuk seorang teman sambil berbisik.

Tak Mau Pulang
Beberapa saat setelah Ayu datang, pertemuan yang sempat tertunda itu kembali dilanjutkan. Selama sekitar tiga jam Ayu melanjutkan dialog dengan anak-anaknya. Pertemuan berakhir hingga pukul 21.30. Beberapa kesepakatan pun dihasilkan meski "adu kuat" antara ibu dan anak itu tak bisa dielakkan. "Ada beberapa kesepakatan. Untuk Sean, Ayu mengizinkannya ke Finlandia, mengikuti ayahnya, Teemu. Untuk Maryam (14)--adik Sean--dia memilih untuk tetap tinggal bersama ibunya di Jakarta," beber Ria.

Dalam waktu dekat ini, Ayu berencana memasukkan Maryam bersama adik sedarahnya, Atiq (12) ke Pondok Pesantren Asshiddiqiyah pimpinan KH Nur Muhammad Iskandar.
"Maryam menyepakatinya asalkan setiap akhir pekan ia dijemput oleh ibunya. Sementara Atiq menolak mondok (ikut pesantren) dan dia juga enggak mau pulang dengan ibunya. Ini di luar dugaan saya," kata Ria.

Bergabung dengan Sean dan Exel, kini Atiq pun memilih menetap sementara waktu di kediaman Ria di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, hingga proses masalah mereka selesai. "Untuk Sean dan Exel memang secara resmi telah menitipkan kepada saya. Tapi saya tetap berharap ada limit waktu. Makin cepat makin baik. Sebaik-baiknya orang lain, tetap saja ibunya langsung yang merawat tetap jauh lebih baik," katanya.   

Untuk menitipkan ketiga anaknya adakah Ayu menitipkan biaya hidup mereka? Ria hanya terdiam. "Enggak apa-apa. Ini sudah tanggung jawab saya. Anak saya empat, sekarang tambah tiga. Saya dapat amanah dititipkan tiga orang anak. Untuk Atiq, saya belum tahu dia akan tinggal di mana nantinya. Belum ada penegasan dari ibu Ayu," ujar Ria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com