Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Kings Speech" Berjaya di BAFTA Awards 2011

Kompas.com - 14/02/2011, 18:28 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Film The King's Speech kembali melanjutkan kekuasaannya selama musim penghargaan di industri film pada tahun ini. Di ajang British Academy of Film and Television Arts Awards (BAFTAs), film garapan sutradara Tom Hooper itu berhasil memboyong tujuh piala penghargaan pada malam penobatan yang dilangsungkan di London, Minggu (13/2/2011).

Selain mendapatkan penghargaan untuk Film Terbaik, The King's Speech juga mengantarkan para aktornya memboyong piala. Mereka adalah Colin Firth, yang diganjar penghargaan untuk Aktor Terbaik atas penampilannya sebagai Raja Inggris George VI, yang gagap; Helena Bonham Carter untuk Aktris Pendukung Terbaik, dan penghargaan Aktor Pendukung Terbaik diberikan kepada aktor Geoffrey Rush.

Di kategori Film Terbaik, film ini berhasil menyisihkan pesaing utamanya, yakni Black Swan, Inception , The Social Network, dan True Grit, yang semuanya dijagokan pada ajang Academy Awards 2011 pada 27 Februari mendatang.

Dua penghargaan lainnya diperoleh The King's Speech lewat kategori Musik Latar Terbaik, Skenario Asli Terbaik, dan Film Inggris Terbaik.  

Bagi Firth, kemenangannya kali ini melanjutkan prestasi serupa pada tahun lalu atas penampilannya dalam film A Single Man. "Saya senang bisa hadir kembali di sini, terima kasih BAFTA," ujarnya di atas podium.

Bintang film Black Swan, Natalie Portman, menjadi wanita yang paling berseri malam itu. Ia bersanding dengan Firth dan membawa pulang tropi Aktris Terbaik. Sayang, Portman tak berkesempatan hadir terkait kondisinya yang tengah berbadan dua. Penerimaan pialanya pun diwakilkan oleh sang sutradara, Darren Aronofsky.

Sementara itu, untuk kategori Sutradara Terbaik jatuh kepada David Fincher atas karyanya, The Social Network. Di ajang Oscar 2011, ia juga diunggulkan di kategori yang sama dan akan bersaing dengan para sutradara jagoan lainnya, yakni David O Russell  (The Fighter), Tom Hooper (The King's Speech),  Joel dan Ethan Coen (True Grit), dan  Darren Aronofsky (Black Swan).

Aktor Inggris, Tom Hardy, juga turut berbahagia setelah ia dinobatkan oleh publik lewat pengambilan suara sebagai penerima penghargaan Rising Star. Ia mengungguli bintang baru Spider-Man, Andrew Garfield; Gemma Arterton, dan Aaron Johnson.

Tak hanya mereka, pencipta Harry Potter JK Rowling dan para bintangnya, seperti Emma Watson dan Rupert Grint, juga naik panggung untuk menerima penghargaan khusus atas kontribusinya terhadap perfilman Inggris. Penghargaan serupa juga diberikan kepada aktor legendaris, Sir Christopher Lee.  

 

Berikut daftar pemenang BAFTA 2011:

Film Terbaik: The King's Speech
Aktor Terbaik: Colin Firth (The King's Speech)
Aktris Terbaik: Natalie Portman (Black Swan)
Aktor Pendukung Terbaik: Geoffrey Rush (The King's Speech)
Aktris Pendukung Terbaik: Helena Bonham Carter (The King's Speech)
Sutradara: David Fincher (The Social Network)
Film Produksi Inggris Terbaik: The King's Speech
Skenario Orisinal Terbaik: The King's Speech
Adaptasi Terbaik: The Social Network
Visual Efek Terbaik: Toy Story 3
Film Animasi Terbaik: Toy Story 3     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com