Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemusik Indonesia: Iron Maiden, Mbah-nya Heavy Metal!

Kompas.com - 17/02/2011, 20:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kedatangan Iron Maiden ke Indonesia ternyata juga dijadikan momentum bernostalgia oleh para pemusik Indonesia tentang band heavy metal asal Inggris itu. Tiga pemusik rock yang ditemui menjelang konser Iron Maiden The Final Frontier World Tour 2011, Kamis (17/2/2010) malam, di Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta Utaram memandang grup tersebut sebagai "mbah heavy metal".

"Karena, mereka konsisten, baik dari produktivitas mencetak album hingga konser. Perjalanan mereka selama 30 tahun lebih itu hebat sekali dan kita di Indonesia memang menantikannya," ujar Bagus, vokalis dan pemain bas Netral, kepada Kompas.com.

Bagus mengakui, ide-ide kreatif kru Iron Maiden juga selalu konsisten untuk mendukung perjalanan band tersebut. Atraksi panggung Iron Maiden pun selalu enerjik meski mereka terbilang berusia sepuh. "Saya berharap mereka malam ini membawakan hits lama mereka. Karena, jujur, saya kenal mereka dari lagu-lagu klasik mereka dan tidak mengikuti album-album terakhir mereka," ucapnya.

Ivanka, pemain bas grup Slank, juga mengakui hal yang sama. Di matanya, kedatangan Bruce Dickinson dan kawan-kawannya sudah dinanti lama bukan hanya oleh dirinya, melainkan juga oleh para penggemar lain. "Terus terang ini konser nostalgia. Saya kenal mereka sejak SMP sampai SMA, di masa kejayaan metal tahun-tahun awal 90-an. Tapi, kan waktu itu mereka enggak ke sini, kapan lagi bisa lihat mereka," katanya.

Hebatnya, puji Ivanka, Iron Maiden bukan sekadar bermusik, melainkan juga tergolong grup yang serius dengan kerja kreatif, dari tata panggung, lampu, hingga ikon-ikon grafis Iron Maiden yang selalu berubah-ubah. "Mereka memikirkan itu semua sejak mereka berdiri dan konsisten sampai sekarang. Crazy Eddie yang mereka jadikan tema simbol kali ini adalah yang teranyar dan jelas sekali sebagai ciri khas mereka," paparnya.

Sementara itu, Stevie Item, gitaris Andra and the Backbone dan DeadSquad, pun sependapat. Ia sepakat, konsistensi Iron Maiden patut diacungi jempol. "Mereka 'mbahnya heavy metal' yang eksis saat ini, tidak ada yang lain. Mereka menginspirasi banyak band di dunia dan bertanggung jawab atas hal itu dengan terus membuat karya-karya yang bagus dan konser yang keren. Salut dan saya menunggu aksi mereka malam ini," katanya.

Iron Maiden--Bruce Dickinson (vokal), Steve Harris (bas), Dave Murray (gitar), Janick Gers (gitar), Adrian Smith (gitar), dan Nicko McBrain (drum)--siap menggelar konser mereka pada Kamis (17/2/2011) malam. Terpantau oleh Kompas.com, para penggemar Iron Maiden dari berbagai kalangan sudah memadati area konser di Pantai Karnaval, Ancol, sejak kira-kira pukul 15.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com