Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iron Maiden Menggebrak Penuh Energi

Kompas.com - 18/02/2011, 03:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kesabaran penggemar Iron Maiden untuk bertemu idolnya akhirnya tertumpah di Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta, Kamis (17/2/2011) malam, saat Bruce Dickinson membuka konser "The Final Frontier World Tour 2011" dengan lagu "The Final Frontier". Dickinson membuat kerinduan penggemar Iron Maiden benar-benar terwujudkan.

Setelah "The Final Frontier", Bruce Dickinson (vokal), Steve Harris (bas), Dave Murray (gitar), Janick Gers (gitar), Adrian Smith (gitar), dan Nicko McBrain (drum) langsung menggebrak dengan tiga nomor sekaligus, yaitu "El Dorado", "2 Minutes to Midnight", dan "Coming Home".

"Apa kabar kalian malam ini? Ini pertama kali kami bermain di Jakarta untuk membawakan lagu-lagu album The Final Frontier," sapa Dickinson.

Sampai beberapa kali Dickinson tampak berusaha melakukan komunikasi dengan penonton. Bahkan, di lagu ketiga, "2 Minutes to Midnight", semua penonton diajak untuk kompak bernyanyi ditemani tata lampu yang dimainkan dengan apik mengikuti reff-reff lagu tersebut hingga menjadi kor yang sangat riuh. Sempurna.

Keriuhan itu berulang saat Iron Maiden memainkan "Fear of the Dark". Penonton tampaknya semakin dibuat panas oleh Dickinson dan kawan-kawannya. Semua bernyanyi, berjingkrak, dan berteriak sekencang-kencangnya.

Stamina yang "gila"

Sebanyak 16 lagu dibawakan tuntas oleh Iron Maiden, yaitu "The Final Frontier", "El Dorado", "2 Minutes to Midnight", "Coming Home", "Dance of Death", "The Trooper", "The Wicker Man", "Blood Brothers", "When the Wild Wind Blows", "The Evil That Men Do", "The Talisman", "Fear of the Dark", "Iron Maiden", "The Number of the Beast", "Hallowed Be Thy Name", dan "Running Free". Maka, sejak awal konser itu dibuka, kerinduan penggemar band heavy metal asal Inggris itu tampak terwujudkan.

Terwujudnya kerinduan semakin menjadi-jadi, apalagi tatkala Dickinson terus memanaskan penonton lewat aksi-aksinya. Ia seolah tak habis energi untuk berlari ke hampir semua sisi panggung dengan lincah, selincah lengking suaranya.

"Itulah hebatnya Dickinson. Dia pakai suara perut dan staminanya masih prima sekali. Ini membuat kita juga semangat menyaksikannya," komentar John Deacon, salah seorang penonton, kepada Kompas.com di antara bising musik.

Selain sang frontman, aksi-aksi mengagumkan dari para penggawa Iron Maiden lainnya juga tak kalah mendapat perhatian dan tepuk tangan riuh dari penonton. Aksi duet gitaris Dave Murray dan pemain bas Steve Harris, misalnya. Keduanya terlihat solid sehingga selalu membuat penonton histeris. Apalagi ketika ketiga gitaris saling berdiri berjajar atau masing-masing mengeluarkan gaya sendiri-sendiri dalam memainkan melodi gitar yang bersahut-sahutan, penonton langsung memberikan aplaus.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com