Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"King's Speech" Terbaik

Kompas.com - 01/03/2011, 03:35 WIB

Los Angeles, Kompas - The King’s Speech, seperti diduga banyak pengamat, dinobatkan sebagai film terbaik dalam acara penganugerahan Academy Awards Ke-83 di Kodak Theatre, Hollywood, Minggu (27/2) waktu setempat. Tahun ini, penghargaan ini cukup terdistribusi pada sejumlah film menonjol.

The King’s Speech yang dinominasikan menerima Penghargaan Oscar untuk 12 kategori akhirnya mendapat empat di antaranya. Selain film terbaik, The King’s Speech mengantar sutradara asal Inggris, Tom Hooper, meraih Oscar untuk penyutradaraan terbaik.

Saat menerima Penghargaan Oscar, Hooper menyampaikan terima kasih pada ibunya yang pertama kali mengusulkan kepadanya untuk menggarap The King’s Speech. ”Moral dari cerita ini adalah, dengarkan apa kata ibu Anda,” ujarnya.

Setelah menyabet Golden Globe 2011, Colin Firth juga menyempurnakan pencapaiannya tahun ini dengan menerima Penghargaan Oscar sebagai aktor terbaik melalui The King’s Speech. Firth gemilang menghidupkan sosok Raja George VI yang harus mengatasi kegagapan dan ketidakpercayaan diri untuk memimpin Inggris menghadapi situasi krisis.

Film produksi Bedlam yang bukan termasuk studio utama Hollywoood ini juga menyabet Penghargaan Oscar untuk skenario asli terbaik.

Sementara penghargaan aktris terbaik diraih Natalie Portman dalam thriller psikologi Black Swan.

Inception, The Social Network, dan The Fighter juga tampil menonjol di ajang Oscar meskipun gagal meraih predikat film terbaik. Sama seperti The King’s Speech, Inception juga menyabet empat Penghargaan Oscar, yaitu untuk sinematografi, efek visual terbaik, serta tata suara dan mixing suara terbaik.

Sementara The Social Network mendapat tiga Oscar untuk skenario adaptasi, ilustrasi musik, dan pengeditan terbaik.

The Fighter yang dinominasikan untuk tujuh kategori memenangkan dua Oscar tahun ini, yaitu untuk Christian Bale sebagai aktor pendukung terbaik dan Melissa Leo sebagai aktris pendukung terbaik.

Bagi Firth, Portman, Bale, dan Leo, Oscar yang mereka terima sebagai aktor dan aktris-aktris terbaik tahun ini adalah Oscar pertama mereka. (AP/AFP/DAY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com