Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedubes Amerika Gelar "Kick Off" Java Jazz 2011

Kompas.com - 03/03/2011, 07:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mengawali rangkaian Festival Java Jazz 2011, Kedutaan Besar Amerika menggelar konser musik Jazz untuk kalangan terbatas di kediaman Duta Besar Amerika untuk Indonesia Scot Marciel, di Taman Suropati Jakarta, Selasa (2/3) malam.

Acara yang diadakan di halaman rumah ini merupakan kick-off atau pesta pembuka Festival Internasional Java Jazz 2011, yang akan diadakan di JIExpo Kemayoran Jakarta pada 4, 5, 6 Maret 2011 nanti.

Pesta pembuka yang dipandu oleh Farhan ini menghadirkan tujuh musisi jazz seperti Ron King Big Band, Drew, Roy Hargroove Quintet dan Maliq & D'Essentials.

Dalam sambutan menyambut para tamu yang memenuhi tenda tertutup bernuansa putih, Scot, yang didampingi promotor Java Jazz Peter F Gonta, mengungkapkan kebahagiaannya dapat menyelenggarakan acara pembuka  Java Jazz.

"Kedutaan Besar Amerika sangat senang dapat terus mendukung penyelenggaraan Java Jazz, dan ini merupakan kali kedua setelah tahun kemarin kami mengadakan acara pembuka yang sama di sini," kata Scot.

Hal serupa diungkapkan Wakil Duta Besar Amerika Ted Osius saat ditemui di sela-sela acara. "Saya bangga dengan Java Jazz dan kita senang bisa mengadakan acara pembuka ini," kata Ted kepada Kompas.com.

Di acara tersebut, Kedubes Amerika mengundang sekitar 400 orang tamu dari kalangan selebriti, politisi, tokoh media dan undangan khusus lainnya.

Saat ditanya alasan Kedubes Amerika mendukung penuh festival musik jazz ini, Ted mengungkapkan, "Karena jazz adalah Amerika."

Lebih dari itu, lanjutnya,  Java Jazz yang di tahun penyelenggaraan ketujuh ini diikuti oleh 1.200 musisi jazz, merupakan festival jazz terbesar di dunia.

Java Jazz Festival 2011 kian inovatif dengan mengusung konsep "Remarkable" yang diikuti 40 band internasional dari 14 negara, dengan lebih dari 280 orang anggota rombongan, 110 band Indonesia (sekitar 1.400 musisi) yang menampilkan berbagai rumpun jazz berupa perpaduan seni musik dari berbagai suku bangsa dunia. (Kompasiana/Iskandar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com