"Bali Sutrepti", Langkah Awal Cecillia Young - Kompas.com

"Bali Sutrepti", Langkah Awal Cecillia Young

Kompas.com - 28/05/2011, 14:23 WIB

KOMPAS.com —  Langit gelap merundung Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur. Sepi dan hening suasananya. Namun, lengkingan suara gesekan pada dawai biola memecah suasana, berikut entakan cepat suara gamelan Bali segera menghadirkan suasana marak.

Sepotong gambar pada video klip garapan Black Studio Jakarta itu adalah karya musik perdana Cecillia Young. Dara kelahiran Jakarta 11 Agustus 1995 ini berupaya membuat kerja sama alias kolaborasi antara musik klasik dan musik tradisional. Hasilnya adalah instrumentalia berdurasi 3,5 menit bertajuk "Bali Sutrepti". Aransemen dilakukan oleh Yulianto E.

Terkesan sebagai karya yang cenderung ringan dinikmati oleh penggemarnya, "Bali Sutrepti" terdengar energik, khas musik dengan iringan gamelan Bali. Pasalnya, kebanyakan musik gamelan Bali dipakai untuk mengiringi tarian. Sementara tarian Bali memang penuh dengan gerakan-gerakan cepat dan atraktif ketimbang tarian Jawa, terutama Solo dan Yogya yang mayoritas lamban kontemplatif.

Menurut siswi kelas 10 SMA Tarakanita 2 Pluit, Jakarta Utara, yang piawai pula bermain gitar dan piano ini, pilihannya memainkan instrumentalia tadi adalah ikut ambil bagian dalam mempertahankan sekaligus melestarikan warisan bangsa Indonesia. Sebagai langkah awal, "Bali Sutrepti" boleh diberi nilai lumayan. 

EditorJosephus Primus
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM