Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bali Sutrepti", Langkah Awal Cecillia Young

Kompas.com - 28/05/2011, 14:23 WIB

KOMPAS.com —  Langit gelap merundung Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur. Sepi dan hening suasananya. Namun, lengkingan suara gesekan pada dawai biola memecah suasana, berikut entakan cepat suara gamelan Bali segera menghadirkan suasana marak.

Sepotong gambar pada video klip garapan Black Studio Jakarta itu adalah karya musik perdana Cecillia Young. Dara kelahiran Jakarta 11 Agustus 1995 ini berupaya membuat kerja sama alias kolaborasi antara musik klasik dan musik tradisional. Hasilnya adalah instrumentalia berdurasi 3,5 menit bertajuk "Bali Sutrepti". Aransemen dilakukan oleh Yulianto E.

Terkesan sebagai karya yang cenderung ringan dinikmati oleh penggemarnya, "Bali Sutrepti" terdengar energik, khas musik dengan iringan gamelan Bali. Pasalnya, kebanyakan musik gamelan Bali dipakai untuk mengiringi tarian. Sementara tarian Bali memang penuh dengan gerakan-gerakan cepat dan atraktif ketimbang tarian Jawa, terutama Solo dan Yogya yang mayoritas lamban kontemplatif.

Menurut siswi kelas 10 SMA Tarakanita 2 Pluit, Jakarta Utara, yang piawai pula bermain gitar dan piano ini, pilihannya memainkan instrumentalia tadi adalah ikut ambil bagian dalam mempertahankan sekaligus melestarikan warisan bangsa Indonesia. Sebagai langkah awal, "Bali Sutrepti" boleh diberi nilai lumayan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com