Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Temple Grandin", Si Autis Jenius

Kompas.com - 11/08/2011, 02:06 WIB

TEMPLE GRANDIN
PEMAIN:
Claire Danes (Temple Grandin), Julia Ormond (Eustica), Catherine O'Hara (Aunt Anne), David Sam (Professor Carlock)
SUTRADARA: Mick Jackson
SKENARIO
: Christopher Monger dan William Merrit Johnson

Temple Grandin merupakan potret kegigihan dan ketekunan seorang wanita muda yang berjuang melawan penentangan-penentangan yang mengisolasi penyandang autisme pada suatu masa ketika autisme belum banyak diketahui.

Film ini mengisahkan kehidupan Temple yang didiagnosis menderita autisme oleh dokter. Meski begitu, di tengah pertumbuhannya yang bergejolak dan perkembangan Temple selama bersekolah justru membuat banyak kalangan angkat topi akan bakat unik perempuan yang berhasil mendapatkan gelar Master of Science in Animal Science.

Dengan segala kekurangannya, Temple muda selalu berpikir out of the box di luar pemikiran manusia normal lainnya. Misalnya, Temple yang menyandang autisme sejak usia kecilnya mampu mengamati kebiasaan sapi ternak sebelum dijagal oleh para cowboy.

Dengan pengamatannya tersebut, Temple yang berusaha menyelesaikan tesisnya berpikir, "Dunia sudah kejam, dan kita tidak perlu kejam terhadap hewan ternak." Sukses mencipta sebuah metode berupa alat perilaku untuk menenangkan hewan ternak.

Temuannya tersebut juga ditulisnya sebagai artikel majalah yang menjadi langganan para peternak sapi, hingga akhirnya tak sedikit dari mereka meminta Temple untuk mempresentasikan metodenya.

Film yang mengambil latar Amerika era 1975 itu bisa menggugah pola pikir terhadap penyandang autisme selama ini. Misalnya, dalam satu scene Temple mengaku lebih senang jika dia diperlakukan sama dengan orang-orang normal lainnya, dan lebih menghargai mereka yang memberikan tanggung jawab pekerjaan yang sama pula dengan pekerja lainnya.

Kisah Temple Grandin yang didasarkan pada buku Emergance karya Temple Grandin dan Margaret Scariano, juga buku Thinking in Pictures karya Temple Grandin, mencoba membawa persepsi atas dunia yang sangat berbeda sebagai wawasan baru bagi banyak orang.

Temple Grandin, film produksi HBO Original peraih penghargaan Emmy dan Golden Globe, akan tayang perdana di Asia pada 2 September 2011 pukul 21.00 WIB di HBO dan HBO HD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com