Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kecelakaan Saipul Jamil

Kompas.com - 03/09/2011, 14:18 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Nasib naas menimpa artis Saipul Jamil. Mobil yang ditumpanginya bersama keluarga mengalami kecelakaan tunggal di Tol Cipularang, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2011). Istrinya, Virginia Anggraeni, yang baru dinikahinya pada 3 Maret 2011 lalu, tewas seketika.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, Sabtu, Saipul mengendarai mobil Toyota Avanza bewarna merah hati dengan nomor polisi B 1843 UFU, hendak menuju Jakarta. Saipul dan keluarga besarnya baru saja mengunjungi orangtua Virginia di Bandung dalam rangka hari raya Idul Fitri.

Kepala Kepolisian Resor Kota Purwakarta Ajun Komisaris Besar Ujang Bachtiar mengungkapkan, mobil itu ditumpangi 10 orang. Virginia duduk di sisi kanan, di baris tengah, persis di belakang Saipul. Sekitar pukul 10.00, mobil Saipul melintas di Kilometer 96+500, di daerah Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Purwakarta Ajun Komisaris Sudewo mengutarakan, tiba-tiba kendaraan oleng ke kanan, membentur pembatas jalan tol. "Mobil terseret 30 meter dengan posisi roda kiri di atas," kata Sudewo.

Sementara itu, ketika diwawancarai Radio Elshinta, Saipul menuturkan, saat kejadian tiba-tiba ia merasa ada angin yang mengempas mobilnya ke kanan. Ia hilang kendali. Mobil membentur pembatas jalan tol dan terguling. Sisi kanan mobil tampak ringsek. Pintu tengah mobil di sisi kanan nyaris copot.

Istri Saiful Jamil, Virginia, yang duduk di sisi kanan, tewas seketika. Sementara itu, tiga penumpang lainnya, yakni Hafiah, Imas Irma, dan Arum Suharti, mengalami luka berat. Adapun Saiful beserta Qory mengalami luka ringan.

Kondisi jalan tol yang lurus dengan tanjakan dan turunan yang tak terlalu curam di daerah perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Bandung Barat itu sering kali dimanfaatkan pengemudi untuk memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi. Faktor kelalaian pengemudi dan kondisi kelaikan kendaraan menjadi satu dari sekian sebab utama kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com