Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Grup Nirvana Akan Digelar di London

Kompas.com - 06/09/2011, 10:48 WIB

LONDON, KOMPAS.com -- Sebuah pameran mengenai Nirvana, grup grunge ternama dari Seattle (Washington, AS), akan dibuka di London (Inggris) pada 13 September 2011.

Pameran bernama In Bloom: The Nirvana Nevermind Exhibition itu akan digelar dalam rangka 20 tahun rilis album kedua band tersebut, yang berjudul Nevermind. Pameran itu akan dilangsungkan dari 13 September hingga 25 September 2011 di The Loading Bay Gallery, Brick Lane, London. Pameran gratis tersebut akan dibuka tiap hari pada pukul 13.00-19.00.    

Dalam pameran itu akan dipajang antara lain hoody (blus kaus bertutup kepala) yang pernah dikenakan oleh mendiang Kurt Cobain, sang vokalis, serta sejumlah lirik lagu, poster tur, foto yang jarang dilihat dari band tersebut, dan memorabilia koleksi seorang penggemar. Hoody itu dikenakan oleh Cobain, yang bunuh diri pada April 1994, untuk pemotretan oleh majalah Melody Maker. Sementara itu, foto-foto grup tersebut merupakan karya Steve Gullick, Steven Double, dan Martyn Goodacre.

Selain itu, ada pula, sebut saja, sebuah fret board dari salah satu gitar Cobain, replika gitar Fender-nya, dan bas duplikat dari bas Gibson milik Krist Novoselic, pemain bas Nirvana.

Album Nevermind, yang 20 tahun rilisnya diperingati dengan mengadakan pameran tersebut, telah terjual di seluruh dunia lebih dari 30 juta copy. Lagu-lagu populer dari album itu adalah "Smells Like Teen Spirit", "Come As You Are", dan "Lithium".

Sebuah edisi super deluxe album Nevermind akan dirilis pada 19 September 2011. Paket itu berisi empat CD dan satu DVD dengan sejumlah lagu yang di-remix, lagu yang belum pernah dirilis, dan lagu yang sudah dirilis pada sisi B album-album Nirvana, namun tak terkenal, selain konser Halloween Nirvana pada 1991 di Paramount Theatre, Seattle, kampung halaman Nirvana.

Sepuluh ribu copy paket tersebut akan dijual di Amerika Utara. Sementara itu, 30.000 copy lainnya akan dipasarkan di wilayah-wilayah lain, termasuk Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com