Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Kahitna, Romantis "Abis"

Kompas.com - 17/09/2011, 14:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kahitna, band pop yang dibentuk di Bandung pada 1986, baru merayakan ulang tahun ke-25 karier mereka dengan menyuguhkan Konser Cerita Cinta 25 Tahun Kahitna pada Kamis (15/9/2011) malam di Jakarta. Hujan deras yang mengguyur dan memacetkan Jakarta tak menyurutkan semangat para pemegang tiket konser tersebut menuju Jakarta Convention Center (JCC), tempat konser itu.

Setelah kira-kira 4.000 penonton memadati Plenary Hall JCC, konser dibuka dengan penampilan grup acapela Jamaican Cafe, yang menyuguhkan lagu "Ti Amo", lalu penampilan Overture untuk memanaskan konser band yang kini dihuni oleh Hedi Yunus (vokal), Mario Ginanjar (vokal), Carlo Saba (vokal), Yovie Widianto (keyboard dan piano), D Bambang Purwono (keyboard), Andrie Bayuaji (gitar), Dody Isnaini (bas), Hary Suhardiman (perkusi), dan Budiana Nugraha (drum).

Sambutan para penonton menggema ketika tirai putih yang membentang di panggung tersibak dan memunculkan trio vokal Hedi, Mario, dan Carlo, yang akhirnya mengawali konser Kahitna dengan lagu "Lajeungan", kemudian "Di Rantau". Sajian itu dilengkapi dengan permainan alat tiup saluang dari Minangkabau dan koreografi bernuansa daerah yang sama, yang menampilkan Hedi, Mario, dan Carlo menari. Meski baru dua lagu digulirkan oleh Kahitna, para penonton sudah tak henti-hentinya memberi tepuk tangan penyemangat Hedi, Mario, dan Carlo, yang tampak agak lelah karena menari untuk dua lagu pertama Kahitna tersebut.

Di antara para penonton umum, hadir sejumlah artis, sebut saja Bunga Citra Lestari, Tyas Mirasih, Ria Irawan, Melly Goeslaw dan Anto Hoed, Shanty, Julie Estelle, Rossa, Mona Ratuliu dan Indra Brasco, Dominuque, serta Project pop. Mereka tampak menikmati konser itu.

Kahitna lalu turun panggung sejenak, dan pasangan artis Dian Nitami dan Anjasmara menyuguhkan percakapan romantis yang dibikin berdasarkan judul lagu-lagu populer Kahitna. Sesudahnya, Kahitna kembali ke pentas dan membawakan tiga lagu romanti, yakni "Seandainya Aku Bisa Terbang", "Merenda Kasih", dan "Aku Dirimu Dirinya".

Melompat dari tema cinta sejoli, Yovie dan kawan-kawan mencoba menggugah para penonton untuk membangun Indonesia dengan meluncurkan lagu "Kita Bangun Negeri". Namun, setelahnya, para penonton kembali dibuai dan dibuat menyanyi bersama dengan lagu-lagu cinta sejoli "Andai Dia Tahu" dan "Tentang Diriku".

The Groove kemudian mendapat kesempatan. Mereka membawakan "Selamat Ulang Tahun Cinta" sebagai kado untuk Kahitna dan hit "Bagaimana".

Sebelum para bintang tamu yang lain, RAN, yang terdiri atas Rayi, Asta, dan Nino, mengisi pentas dengan "Jangan Terlambat" hingga "Setahun Kemarin", Kahitna muncul lagi. Kali ini mereka meluncurkan secara akustik "Eya Ayo Oway", "Bintang", dan single baru "Suami Terbaik".

Kahitna juga main musik dan menyanyi bareng RAN untuk lagu-lagu "Cinta Sudah Lewat" dan "Untukku".  Para penonton menjadi histeris begitu Nino menantang Yovie dan kawan-kawan untuk kembali ke masa nge-rock. "Mamaku bilang, 25 tahun lalu tuh Kahitna suka banget bawain lagu jazz sama rock. Kalau sekarang nge-rock, masih sanggup enggak ya?" ujar Nino. Tanpa basa-basi, Kahitna menjawab tantangan itu.

Grup Maliq & d'Essentials menjadi tamu berikutnya. Mereka menggoyang para penonton dengan "Everybody Need Somebody" dan "Permaisuriku".

Menjelang segmen terakhir, Kahitna meluncurkan "Tak Sebebas Merpati", yang disambung dengan "Menikahimu" dan "Menanti". Kali ini mereka memasukkan unsur musik Sunda dan Hedi ngawih atau nyinden sepenggal lagu "Bubuy Bulan".

Berikutnya, "Takkan Terganti", "Enggak Ngerti", "Soulmate", "Mantan Terindah", "Cantik", "Cerita Cinta", "Cinta Sendiri", dan  lagu terakhir, "Sampai Nanti", menjadi klimaks Konser Cerita Cinta 25 Tahun Kahitna. "Puji syukur, konser ini berjalan dengan lancar. Terima kasih kepada semua penonton, undangan, serta sahabat Kahitna yang hadir pada malam ini," ucap Hedi. "Crowd sepanjang konser sungguh luar biasa sehingga semakin memotivasi kami untuk terus berjuang untuk perkembangan musik Indonesia. Dengan seluruh kru, tim manajemen yang tetap setia dari awal hingga hari ini, membuktikan Kahitna mempunyai cinta dan kasih yang merupakan anugerah selama 25 tahun," sahut Yovie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com