Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novel "Laskar Pelangi" Laris Manis di Korsel

Kompas.com - 28/09/2011, 06:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com Penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata, sedang gembira. Pasalnya, novel Laskar Pelangi yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Korea dan beredar di Korea Selatan itu disambut hangat penggemar novel.

"Menurut sumber dari penerbitnya di Korea, novel ini langsung best seller dan disukai dosen-dosen sastra di sana untuk referensi pelajaran sastra. Aku senang karena novel ini adalah novel pertama dari penerjemahan asing novel Laskar Pelangi yang sudah terbit," kata Andrea.

Novel Laskar Pelangi telah diterjemahkan ke dalam 26 bahasa. Penerjemahan tersebut memakan waktu lama dan membuat Andrea tak sabar serta penasaran akan hasilnya.

"Novel Laskar itu secara kultural sangat spesifik, sangat Indonesia. Jadi, mungkin agak susah ya menerjemahkannya. Mudah-mudahan penerjemahan segera selesai dan terbit di sejumlah negara asing itu. Kurasa ini pun harusnya menjadi kebanggaan Indonesia," kata lelaki yang lahir tanggal 24 Oktober itu.

Kesibukan lain yang telah menanti Andrea adalah menjadi pembicara dalam Festival Ubud Writers 2011 pada Oktober mendatang, sekaligus mempersiapkan serial Laskar Pelangi di televisi. Kapan menjalankan hobi traveling?

"Nah, itu dia, aku pengin banget traveling, tapi sekarang masih sibuk sekali. Nanti tunggu waktu yang tepat," papar Andrea yang bercita-cita dapat mengunjungi Tibet suatu hari nanti. (LOK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com