Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Puteri Harus Jadi Diri Sendiri

Kompas.com - 03/10/2011, 21:56 WIB

KOMPAS.com - Yayasan Puteri Indonesia (PPI) segera memilih perempuan muda untuk mendapatkan gelar Puteri Indonesia ke-16. Sebanyak 38 perempuan muda dari 33 provinsi memerebutkan gelar ini. Finalnya, Jumat (7/10/2011) nanti, Puteri Indonesia 2010 Nadine Alexandra Dewi Ames akan menyerahkan mahkotanya.

"Sudah waktunya perempuan muda lain yang memakai mahkota," kata Nadine, di sela karantina PPI 2011, di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Senin (3/10/2011).

Menurut Nadine, finalis PPI 2011 memiliki rasa ingin tahu tinggi. "Mereka ambisius, dalam arti positif tentunya," kata Nadine, menambahkan ambisi perlu dikejar secara realistis. Jika berambisi mengikuti Miss Universe, maka fokus untuk memenangkan Puteri Indonesia. Lakukan semuanya bertahap, lanjutnya.

Untuk memenangkan gelar Puteri Indonesia, Nadine berbagi pengalaman. "Menjadi puteri tak harus kaku, dan harus lebih bersahabat, menjadi
diri sendiri," katanya.

Tak hanya Nadine yang bersemangat berbagi pengalaman menjadi puteri. Puteri Indonesia 2008 Zivanna Letisha Siregar dan Puteri Indonesia Lingkungan 2009 Zukhriatul Hafizah juga punya cerita sendiri.

Zivanna yang akrab disapa Zizi mengatakan, perlu orang-orang dengan kepribadian yang memesona untuk merepresentasikan negara (dengan menyandang gelar Puteri Indonesia).

"Percaya diri, banggalah pada diri sendiri. Setiap perempuan harus mengenal dirinya, dan memahami karakter dirinya," jelas Zizi saat jumpa pers beberapa waktu lalu di Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Hafizah (disapa Fiza), memberikan motivasi. Kemenangan ada di dalam diri sendiri, katanya. Semua perempuan yang mengikuti PPI, cantik. Namun setiap orang punya keunikan yang bisa digali, dan menjadi kelebihan diri.

"Jangan pernah merasa kalah di awal, apalagi karena merasa yang lain lebih cantik. Bersainglah dengan cerdas tapi tidak keras," kata perempuan yang kini memilih profesi sebagai jurnalis di Kompas TV.

Menjadi diri sendiri adalah pesan utama yang ditanamkan tiga puteri ini kepada penerusnya. Nadine, berulang kali mengatakannya. "Harus menjadi diri sendiri, kalau perlu tulis catatan, pajang di mana saja kata-kata ini. Semuanya cerdas dan cantik, namun yang penting jangan pernah kehilangan semangat," katanya.

Bergaul

Dengan menjadi diri sendiri, setiap perempuan muda punya kesempatan untuk maju. Karena hanya dengan jujur menjadi dirinya, setiap orang bisa diterima dalam pergaulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com