Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Vokalis Baru, Ecoutez Rombak Musik

Kompas.com - 06/10/2011, 20:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah Delia Putri Septianti meninggalkan band Ecoutez untuk berkarier solo, Ayi (gitar), Leo (bas), Iyas (keyboard), dan Jay (drum) langsung tancap gas mencari vokalis baru. Dengan kehadiran Andrea, Ecoutez merombak musik yang sudah mereka garap bersama Delia untuk album ketiga.

Melalui audisi ketat, band dari Jakarta tersebut akhirnya menemukan Andrea Lee sebagai pilihan terbaik dari 30-an peserta. "Kami kedatangan anggota keluarga baru, namanya Andrea Lee," kata Iyas ketika Ecoutez mengunjungi Kompas.com di Jakarta, Kamis (6/10/2011). 

Ayi, Leo, Iyas, dan Jay menilai, Andrea paling cocok untuk memenuhi kebutuhan vokal yang akan mengisi musik Ecoutez. "Dia yang paling cocok. Kriterianya sama dengan yang kami butuhin. Jadi, pencarian kami selama ini ada di Andrea," tutur Iyas. "Kami enggak mau mencari yang karakternya sama dengan karakter vokalis yang lama. Kami mau karakter yang baru, seperti yang ada di Andrea," lanjutnya.

Apalagi, Ecoutez sedang bereksplorasi dengan jazz sebagai selingan pop yang menjadi musik mereka selama ini. "Musik kami sekarang ada yang pop dan jazz dan yang kemarin itu agak pop. Jadi, kami tahu bahwa kami masuk ke jazz setelah workshop bareng Andrea. Dia berani improve dengan caranya dia sendiri," kata Leo. "Apalagi, yang ini dangdutnya lebih kental," imbuhnya dalam gurauan.

Bersama Andrea, Ecoutez pun merombak materi album yang hampir rampung mereka garap ketika Delia masih bersama mereka. "Lagu-lagu sebenarnya sudah dikarang dari tahun-tahun sebelumnya bersama vokalis sebelumnya. Tapi, begitu dapat vokalis Andrea, perubahan yang mencolok di kord. Karakter Andrea lebih tinggi," papar Ayi.

Masih kata Ayi, Ecoutez tak mau memaksakan karakter musik mereka sebelumnya terhadap karakter vokal Andrea. Mereka memilih merombak musik yang sudah  kelar untuk album ketiga. "Materi malah sudah selesai. Tapi, karena ada kejadian (Delia keluar) kemarin itu, kami terpaksa take ulang satu album. Karena mood-nya pasti berubah, mending buat sesuatu yang baru daripada terpaku dengan yang sebelumnya," terangnya.

Meski begitu, Ecoutez masih menutup rapat informasi mengenai single pertama mereka dari album ketiga. "Wah, single masih rahasia," ujar Jay. "Karena, sampai saat ini masih dipilih, masih proses hearing sama produser dan music director  (acara) radio. Masih ada empat kemungkinan (single) yang dipilih. Harus dipilih yang nonjolin karakter vokal Andrea, karena di Ecoutez kami berempat (yang memainkan musik) sudah tidak penting lagi, karena para penggemar sudah tahu karakter (permainan musik) kami," timpal Leo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com