Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Dance Pop, Millane Fernandez ke Soul

Kompas.com - 16/10/2011, 13:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyesuaian harus dilakukan oleh penyanyi jebolan German Idol 2001, Millane Fernandez (25), ketika memutuskan untuk berkarier di Indonesia.

Millane, yang memulai langkahnya di industri musik dengan musik pop dance di Jerman, mengaku harus berkompromi dengan industri musik Tanah Air. "Pastinya aku harus kompromi. Kalau enggak kompromi, nanti enggak akan maju-maju. Tapi, itu bukan berarti bukan diri aku lagi. Semua tetap menyesuaikan dengan karakter aku," kata Millane dalam wawancara di kantor Kompas.com di Jakarta, Jumat (14/10/2011) lalu.

"I Miss You" dan "Boom Boom" dengan pop dance yang asyik untuk bergoyang telah membuat nama Millane dikenal di Jerman pada 2001. Namun, musik tersebut ditinggalkan olehnya ketika memutuskan berkarier di Indonesia. "Kalau aku ngikutin yang dulu terus, sepertinya aku itu enggak mau tua, malah maunya muda terus," ujarnya dengan tawa. "Aku enggak mau memikirkan harus berubah menjadi seperti apa. Bagiku, musik lebih penting daripada penampilan. Kalau outfit, ekspresi, atau cara menyanyi itu kan sudah satu paket dengan musik itu sendiri," lanjutnya.

Di Indonesia, vokalis yang ketika di Jerman diorbitkan oleh produser rekaman Dieter Bohlen ini merombak musik pop dance-nya menjadi musik soul yang lebih dewasa. "Kan aku harus maju, harus dewasa. Otomatis kesukaan juga berubah karena semakin dewasa. Aku pengin kasih sesuatu yang berbeda, sesuatu yang baru," jelas Millane.

Keseriusan perempuan kelahiran Jakarta, 23 Juli 1986, ini untuk bermain di musik soul semakin terlihat pada proyek musik yang sedang digarap untuk album perdananya di Indonesia. "Untuk next project, aku bekerja sama dengan Ifa 'Maliq & D'Essentials'. Aku juga berencana bekerja sama dengan Sandhy Sondoro. Dari dia, aku juga bisa banyak belajar karena lagu berbahasa Indonesia-nya bagus-bagus. Sandhy sudah seperti abangku, yang sudah kukenal sejak aku berumur enam tahun," ujarnya.

Millane juga menulis lagu-lagunya sendiri pada proyek album perdana yang akan dirilisnya pada akhir 2011. "Beberapa dari hasil kerja sama dengan Pierce temanku dan aku juga ikut nulis. Kemarin sudah jadi melodinya. Cuma, ternyata bikin lagu berbahasa Indonesia itu sulit karena baku, beda dengan bahasa Jerman," katanya.

Sebagai perkenalannya dengan para penikmat musik soul, Millane melepas single "You Broke My Heart" ke pasar Indonesia. "Itu aku kerja sama dengan (perusahaan rekaman) Aquarius, lagu ini ditulis Nanang Lesmana," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com