Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Iran Jadi Pembuka Festival Film Asia

Kompas.com - 14/12/2011, 15:02 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com--Film animasi Iran tentang gerakan sosial dan politik untuk mewujudkan demokrasi menjadi film pembuka dalam Festival Jogja-Netpac Asian Film Festival, Selasa.

Direktur Festival Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) Budi Irawanto mengatakan film animasi Iran berjudul The Green Wave karya Ali Samadi Ahadi berkisah tentang kemarahan, kesedihan, ketakutan selama waktu-waktu penting dalam sejarah Iran, dan menginformasikan dialog berkelanjutan tentang hak asasi manusia.

"Film Green Wave dari Iran menggambarkan gerakan sosial dan politik pada masa pemerintahan Presiden Ahmadinejad," kata dia saat membuka JAFF di Taman Budaya Yogyakarta, Selasa.

Dia mengatakan sutradara Film Green Wave Ali Samadi menggambarkan sekilas oposisi terhadap pemerintah sebagai revolusi hijau yang memenuhi jalan-jalan Teheran semasa pemilu Iran 2009.

Film itu menurutnya menjelaskan tentang harapan masyarakat yang menginginkan demokrasi dan kebebasan kandas pascakemenangan Ahmadinejad dalam pemilu.

Ia mengatakan film yang mengambil latar 2009 menggambarkan tindakan sewenang-wenang rezim Ahmadinejad terhadap para demonstran dan menyensor berbagai liputan jurnalis.

"The Green Wave mengulas kekacauan pascapemilu dan memberi gagasan tentang apa yang terjadi ketika kamera berhenti merekam," katanya.

Ia mengatakan film mengungkap peristiwa, konflik dan kondisi tak terkendali melalui saksi mata dan media jejaring sosial seperti, blog, tweeter, rekaman ponsel," katanya.

Menurutnya, film tersebut juga dilengkapi dengan hasil wawancara dengan tokoh Iran terkemuka, seperti, aktivis Hak Asasi Manusia dan nominasi pemenang nobel perdamaian Shirin ebadi, Ulama Syiah Mohsen Kadivar.

Ia mengatakan Sutradara Film The Green Wave Ali Samad Ahadi telah mengikuti berbagai festival film dan memenangkan penghargaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com