Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mi Goreng Rasa Blues ala Balawan

Kompas.com - 17/12/2011, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak banyak yang tahu jika gitaris asal Bali, Balawan (38), yang dikenal sebagai gitaris jazz, bisa tampil "ganas" saat membawakan musik blues. Lebih mengejutkan lagi, ia rupanya pernah diundang untuk tampil di ajang festival musik blues internasional yang digelar di Norwegia, Hell Blues Norwegia.

"Saya diundang dua kali. Tahun 2001 dan 2005," ujarnya seraya tersenyum.

Menurut dia, anggapan yang menyebutkan bahwa dirinya identik dengan musik jazz adalah tidak benar. "Basic musik saya adalah rock. Jadi, saya bisa memainkan musik apa saja sesuai permintaan," kelakar Balawan.

Balawan bahkan menegaskan, tidak tertutup kemungkinan jika kelak dia akan menelurkan album blues. Dua lagu bercita rasa blues, "Mie Goreng Blues" dan "Morning Alarm", sudah diciptakannya dan akan dibawakan di ajang Jakarta International Blues Festival 2011, Sabtu (17/12/2011) malam di Istora Senayan, Jakarta, bersama Baron (gitaris). "Mungkin dua lagu ini akan ada di album blues saya. Siapa tahu," kata Balawan.

Rencana terdekat Balawan adalah menelurkan satu album bersama Batuan Ethnic Fusion dan satu album lagi bersama musisi-musisi tradisional Indonesia. Dia berharap tahun depan dua album tersebut sudah beredar. "Materinya sudah siap semua," ujar Balawan. (DOE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com