Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser CNBLUE Batal, K-Popers Laporkan Promotor ke Polisi

Kompas.com - 09/01/2012, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sejumlah K-Poper alias penggemar boyband Korea di Jakarta mendatangi Polda Metro Jaya pada Senin (9/1/2012) pagi. Kedatangan mereka itu untuk melaporkan pihak manajemen Starlight, promotor yang sedianya menggelar konser boyband Korea CNBLUE pada 26 November 2011 di Jakarta, namun konser itu batal.

"Kami datang melapor ke Polda Metro Jaya terkait batalnya konser CNBLUE tanggal 26 November 2011 lalu. Dari pihak promotor mengaku akan melakukan refund (pengembalian uang) terhadap tiket yang kami beli, tapi ternyata belum juga dikembalikan," terang Putri Indah Purnamasari (22), Senin (9/1/2012), ketika dijumpai di Mapolda Metro Jaya.

Putri menceritakan, pemberitahuan pembatalan konser tersebut diketahuinya pada 24 November 2011, setelah pihak Starlight mengadakan jumpa pers di Hotel Novotel Jakarta. Konser itu dibatalkan oleh manajemen artis CNBLUE lantaran penjualan tiketnya dinilai tidak memenuhi target. Setelah itu, melalui situsnya, Starlight mengumumkan akan bertanggung jawab untuk mengembalikan uang tiket yang sudah terjual. "Tetapi, sampai bulan Januari ini, di website-nya hanya tercantum 89 orang yang sudah di-refund dari total 3.600 orang yang membeli tiket secara online ataupun lewat ticket box di media-media," terang Putri lagi.

Akhirnya, Putri bersama 22 K-Poper lainnya melapor ke Polda Metro Jaya dan dicatat dalam laporan LP/163/I/2012/PMJ/Dit. Reskrimum Starlight ID. Mereka melaporkan dugaan kasus penipuan dan penggelapan dengan sangkaan pasal 378 dan 372 KUHP. Nilai kerugian yang ditaksir mencapai Rp 40.702.000, dengan rentang harga tiket antara Rp 638.000-Rp 4.015.000.

Sementara itu, untuk pihak terlapor masih belum teridentifikasi sampai polisi melakukan penyelidikan terkait kasus itu. Dihubungi terpisah, Melly, salah satu panitia pelaksana konser CNBLUE, membantah bahwa pihaknya lari dari tanggung jawab.

Menurut Melly, proses pengembalian uang tiket hingga saat ini masih terus dilakukan. "Sejauh ini proses refund tetap berjalan meski lambat. Saat ini pun masih negosiasi dengan pihak manajemen artis Korea terkait pembatalan konser itu," terang Melly.

Melly memastikan, promotor konser tersebut akan memenuhi apa yang menjadi tanggung jawab mereka kepada para penggemar. "Kami mohon para penggemar untuk bisa bersabar dan memaklumi proses refund yang saat ini masih terus kami lakukan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com