Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

I Wayan Balawan Siap Menularkan Musik kepada Anak

Kompas.com - 11/01/2012, 06:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Gitaris I Wayan Balawan (37) tidak sabar menantikan bulan April. Pada bulan itu, berdasarkan perhitungan, sang istri, I Gusti Ayu Kamaratih, akan melahirkan anak pertama mereka.

Baginya, anak laki-laki atau perempuan sama saja. Dia ingin segera melihat dan menggendong si anak. ”Mudah-mudahan juga bisa menularkan musik kepada dia,” tuturnya.

Balawan tidak ingin memaksa anaknya untuk belajar musik. Semua sebaiknya terjadi secara alami. Untuk itu, sejak kehamilan Kamaratih berusia empat bulan, musisi asal Bali ini kerap bermain gitar di sisi istrinya. ”Biar si bayi belajar mengenal musik, dan sekarang dia sudah merespons dengan menendang,” ujarnya.

Rata-rata Balawan memainkan gitar bagi bayinya dua kali dalam sehari, yaitu saat bangun tidur dan menjelang tidur. Lama memainkan gitar tidak tentu, satu sampai dua jam. ”Sampai saya merasa ngantuk, baru berhenti, he-he-he,” kata penulis lagu yang tengah menggarap tiga album baru itu.

Karena bermain gitar untuk bayinya, Balawan tidak hanya memainkan lagu-lagu jazz yang easy listening. Terkadang ia juga membawakan lagu-lagu klasik sederhana.

”Sebenarnya saya tidak hafal lagu-lagu klasik. Jadi, mainnya sambil buka buku gitar klasik buat pemula sambil melancarkan not balok lagi biar tidak lupa,” katanya. (BEE)

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com