Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Iran Berjaya, Angelina Jolie Tetap Diperhitungkan

Kompas.com - 16/01/2012, 15:08 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Keinginan aktris Angelina Jolie untuk menancapkan namanya sebagai sutradara dalam kancah perfilman dunia masih perlu ujian.

Dalam hajatan Golden Globe 2012, yang berlangsung Minggu (15/1/2012) malam waktu Los Angeles, film karya perdananya, In the Land of Blood and Honey, belum berhasil menoreh prestasi setelah diunggulkan meraih penghargaan di kategori film Berbahasa Asing Terbaik.

Penghargaan untuk kategori tersebut justru jatuh kepada film asal Iran, A Separation. Film garapan sutradara Asghar Farhadi itu berhasil mengalahkan unggulan lainnya seperti The Flowers of War (China), Le Gamin au Velo - The Kid with Bike, (Belgia), dan La piel que habito- The Skin I Live In karya sutradara veteran asal Spanyol Pedro Almodovar.

A Separation merupakan film yang berkisah tentang sepasang suami istri yang menghadapi dilema ketika ia harus memutuskan untuk meninggalkan Iran demi keluarga mereka.

Film yang dibintangi Leila Hatami, Peyman Moaadi, Shahab Hosseini, Sareh Bayat dan Sarina Farhadi ini, sebelumnya berjaya di sejumlah event bergengsi di ajang Golden Bear. Film tersebut berhasil dinobatkan sebagai Best Film dan mengantarkan aktor dan aktris pemeran utamanya meraih the Silver Bears pada Festival film international Belin ke-61. Film ini juga menjadi film Iran pertama yang meraih penghargaan the Golden Bear.

Sementara itu, terkait karya filmnya yang masuk dalam nominasi Golden Globe, Angelina Jolie mengaku sudah cukup senang ketika karya perdananya mendapat perhatian banyak kalangan.

Ia bahkan mengatakan dirinya tidak pernah berencana menjadi seorang sutradara. Malahan ia masih tidak percaya diri ketika harus mengklaim bahwa dirinya adalah seorang sutradara.  "Aku hanya ingin menceritakan kisah ini dan saya merasa tidak memenuhi syarat sebagai sutradara. Tapi semua berakhir menyenangkan, apalagi saat bertemu dengan para pemain dan kru,” ujarnya.

Meski tak bisa membawa pulang penghargaan Golden Globe kali ini, In the Land of Blood and Honey telah meraih penghargaan khusus dari para produser Hollywood yang tergabung dalam Producers Guild of America karena dianggap menggambarkan isu-isu sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com