Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rod Stewart: Saya Bukan Legenda

Kompas.com - 31/01/2012, 11:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — "Saya bukan legenda. Saya hanyalah penyanyi rock yang bekerja keras," kata penyanyi rock asal Inggris, Rod Stewart, dalam obrolan dengan harian Kompas lewat telepon, Sabtu (28/1) malam. Dia dijadwalkan berkonser di Jakarta, Selasa malam ini.

"I am not a legend. I’m just a hardworking rock singer," begitu kata Roderick David Stewart alias Rod Stewart. Suaranya terdengar tak berbeda jauh dengan suaranya saat bernyanyi, serak-serak kasar alias raspy voice, yang telah menjadi ciri khas legenda hidup rock tersebut.

Saat itu Stewart hendak menonton pertandingan sepak bola Piala FA, antara kesebelasan Liverpool dan Manchester United. Malam harinya ia bersiap terbang ke Jakarta. Sisa waktu ia gunakan untuk menonton sepak bola. Ia mengingatkan, begitu pertandingan dimulai, hendaknya obrolan disudahi. "Let’s watch the game. Ayo nonton bola ha-ha-ha," kata Stewart ketika pertandingan dimulai.

Telepon singkat itu justru diwarnai dengan obrolan seputar sepak bola. Stewart bercerita bahwa ia adalah kawan baik Manajer Liverpool, Kenny Dalglish. Dia juga bicara tentang peluang masing-masing kesebelasan. Ia penggemar fanatik klub Celtic Glasgow dan tim nasional Skotlandia (mungkin karena ia mewarisi darah Skotlandia dari pihak ibu).

Stewart memang pencinta sepak bola, dan pernah menjadi pemain sepak bola profesional di Brentford Football Club saat berumur belasan tahun. "Kecintaan saya kepada musik ketika itu sama besarnya dengan kecintaan saya kepada sepak bola. Saat itu saya berumur 17 tahun, dan harus membuat keputusan ganda, dual decision," tutur Stewart, yang kemudian menjalani dua dunia itu selama beberapa waktu.

Akan tetapi, ia lebih mengarahkan penghidupannya di belantika musik tanpa meninggalkan lapangan sepak bola sebagai kesenangan sepanjang hidup, sampai hari ini. "It’s funny, kita bicara soal sepak bola. Sekitar setengah jam lalu, saya baru main sepak bola dengan tim saya ha-ha-ha."

Legenda serak

Rod Stewart bisa disebut sebagai legenda hidup rock. Setidaknya namanya telah tertatah dua kali dalam Rock and Roll Hall of Fame, yaitu tahun 1994 sebagai artis tunggal dan pada 2012 ini sebagai anggota band Faces, yang antara lain didukung gitaris Ron Wood (kemudian menjadi gitaris grup Rolling Stones).

Selain itu, nama Stewart juga terukir pada Music Hall of Fame, Inggris, tahun 2006. Masih ada satu lagi pengukuh kelegendaan Stewart, yaitu ketika namanya terabadikan di Hollywood Walk of Fame, 2006. Pengukuhan itu layak mengingat Stewart telah merentang karier di jagat musik selama hampir 50 tahun. Ia menjual konon lebih dari seratus juta keping album ke berbagai negeri.

Satu hal yang pasti, Stewart telah menyanyikan lagu-lagu yang menjadi lagu awet, seperti "Sailing", "I Don’t Wanna Talk About It", "Have I Told You Lately", "Baby Jane", dan "Da Ya Think I’m Sexy". Itu lagu kondang yang dinyanyikan Stewart pada era 1970-an.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com