Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habiskan Rp 15 Juta untuk Cosplay, Apa yang Dicari?

Kompas.com - 04/02/2012, 20:56 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Tidak sedikit biaya untuk membuat costume play (cosplay). Seorang peserta Hellofest 8 Anima Expo di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (4/2/2012) sampai rela merogoh kocek hingga Rp 15 juta hanya untuk mendesain kostum idola dan ikut lomba KostuMasa. Padahal hadiah yang disediakan hanya Rp 1 juta. Apa sebenarnya yang mereka cari?

Menurut Presiden Direktur HelloMotion Wahyu Aditya hal tersebut merupakan hal yang lumrah. "Mereka hanya ingin menghibur orang dan mencoba mengekspresikan jiwa mereka dengan kostum yang dibuatnya, meski ongkos yang dikeluarkan lebih besar dibanding hadiah yang akan didapatkan," kata Wahyu di ajang Hellofest.

Bagi penggemar cosplay atau KostuMasa (massa yang menggunakan kostum), apapun akan dilakukan untuk mendapatkan kepuasan menunjukkan kostum yang dibuatnya. Apalagi anak remaja yang suka dengan cosplay ini rata-rata suka mendesain kostumnya sendiri.

Di sisi tren, rata-rata penggemar cosplay kini cenderung memiliki imajinasi sendiri terkait tokoh idolanya. Malah kostum yang dipakai cenderung tidak sama dengan karakter yang ada di anime, film animasi, manga (komik Jepang), atau tokoh-tokoh yang ada. "Biasanya mereka akan berkreasi sendiri dan bukan membeli kostum. Itu akan menjadi kepuasan sendiri bagi mereka," jelasnya.

Bahkan di ajang Hellofest ini, panitia kewalahan untuk menampung jumlah peserta cosplay yang masuk. Jumlah peserta membludak hingga 1.100 peserta hanya dalam tempo tiga waktu pengumuman. Dari lokasi, peserta juga tidak hanya datang dari Jabodetabek. Menurut Wahyu, ada rombongan dari Malang yang menyewa satu bis khusus untuk bisa ikut dalam kompetisi ini. Malah ada peserta dari Kalimantan, Papua, Malaysia, hingga Singapura.

"Itu sebuah kebanggan bagi kami terkait antusiasme peserta cosplay di tahun ini," katanya.

Kendati demikian, budaya cosplay memang masih meniru dari tokoh-tokoh komik di Jepang maupun Amerika Serikat. Masih minim penggemar cosplay untuk membuat kostum ala tokoh-tokoh Indonesia. Tapi, panitia pun juga tidak kalah cerdik. Tahun ini Hellofest juga menggelar penghargaan khusus "Indonesia Banget Award" untuk penggemar cosplay yang memakai kostum ala tokoh Indonesia.

"Mudah-mudahan bisa memasyarakatkan budaya cosplay di Tanah Air," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com