Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Kostumasa Pandawa Lima Tak Kalah Keren Lho!

Kompas.com - 04/02/2012, 21:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa bilang tokoh wayang tak menarik untuk dijadikan KostuMasa atau cosplay? Di tangan kreatif komunitas KostuMasa asal Jakarta, Chronos mampu menyulap tokoh pewayangan Pandawa Lima menjadi super hero lokal yang mampu mencuri perhatian di HelloFest 8 Anima Expo yang digelar di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (4/2/2012).

"Kami mengambil tema Pandawa Lima, tokohnya ada Gendari, Krisna, Yudhistira, Nakula, Sadewa, sama Patih Sengkuni. Kami pengin membuktikan kalau tokoh-tokoh lokal enggak kalah lah sama karakter KostuMasa yang lain," kata pegiat KostuMasa dari komunitas Chronos, Virli, dalam wawancara di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu.

Virli memakai kostum Nakula sementara rekan-rekannya Winda (Arjuna), Wangga (Bima), Diki (Yudhistira), Putri (Dewi Gendari), Rilvan (Patih Sengkuni), dan Yunita (Sadewa). Mereka merancang dan mengerjakan KostuMasa sendiri untuk beraksi di HelloFest.

"Ini kami persiapannya dari Desember, kami merancangnya sendiri," kata Virli. "Bahan utamanya pakai busa hati, cotton but, cat, lem," timpal Putri.

Virli yang menularkan hobinya itu ke teman sekomunitasnya mengaku mengambil inspirasi KostuMasa Pandawa Lima langsung dari wayang. "Desain jubahnya memang hasil imajinasi sendiri, tapi kami mengambil contohnya dari karakter wayang aslinya. Kemudian kami modifikasi jadi seperti ini," jelasnya.

Rencananya, pada festival berikutnya Virli cs akan bereksperimen dengan tokoh legenda dari Batak, Sumatera Utara. "Maunya tokoh legenda dari Batak. Kalau pahlawan daerah kami enggak berani, takut dianggap kurang sopan," kata Virli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com