Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film-film Ang Lee dan Wayne Wang di BBJ

Kompas.com - 09/02/2012, 07:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bentara Budaya Jakarta (BBJ) akan memutar enam film karya sutradara Ang Lee dan Wayne Wang. Keenam film yang dihadirkan lebih bertema pada kehidupan orang-orang Amerika keturunan Tionghoa. Harapannya, pemutaran film ini dapat memahami bagaimana kehidupan orang-orang Tionghoa perantauan di negeri baru seperti Amerika Serikat. 

Ang Lee adalah sutradara kelahiran Taiwan tahun 1954.  Ia lulus dari National Taiwan College of Arts pada tahun 1975, mendalami penyutradaraan film/teater di University of Illinois at Urbana-Champaign dan memperoleh gelar BFA, serta master dalam produksi film di New York University. Ia sempat menjadi asisten sutradara Spike Lee. Ia saat ini dikenal sebagai salah satu sutradara film terkemuka di dunia sejak film laga silatnya Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) meraih Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

BBJ kali ini akan memutar tiga film pertamanya yang diproduksi di AS, yaitu Pushing Hands (1992), The Wedding Banquet (1993), dan Eat Drink Man Woman (1994), ketiganya bertema kehidupan keluarga warga Amerika keturunan Tionghoa. Di ketiga film itu tampil pemain yang sama, yaitu Sihung Lung. Wayne Wang lahir dan besar di Hong Kong tahun 1949.

Nama depannya diambil dari nama bintang cowboy John Wayne, aktor favorit ayah kandungnya. Pada usia 17 tahun ia hijrah ke AS, dengan niat awal menjadi mahasiswa kedokteran, namun ia beralih haluan menjadi mahasiswa perfilman dan televisi di California College of Arts and Crafts di Oakland. Filmnya yang paling terkenal adalah The Joy Luck Club (1993) yang dibuat berdasarkan novel Amy Tan. Film ini akan diputar di BBJ bersama dua filmnya yang lain yang mengisahkan kehidupan warga Amerika keturunan Tionghoa, yaitu Eat a Bowl of Tea (1989) yang dibintangi oleh Cora Miao, mantan Miss Hong Kong yang kemudian dinikahinya, dan A Thousand Years of Good Prayers (2007). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com