Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suara Emas Suatu Masa

Kompas.com - 13/02/2012, 07:33 WIB

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Whitney Houston? Terlebih bagi mereka yang menjalani masa remaja di era 1980 dan 1990-an.

Siapa tak kenal Whitney Houston? Terlebih bagi mereka yang menjalani masa remaja di era 1980 dan 1990-an, lagu-lagu Houston adalah bagian dari soundtrack generasi mereka, yang mengingatkan pada era saat suara emas dan melodi indah masih jadi syarat utama kesuksesan dan popularitas.

Tak berlebihan kiranya pujian yang dilontarkan Lionel Richie, penyanyi segenerasi Houston, yang mengatakan suaranya sudah sampai pada tataran ”magis”. ”Dia punya suara yang bisa mengubah setiap kisah, setiap melodi, menjadi rangkaian nada-nada magis,” tutur Richie.

Keindahan suara dan kepiawaiannya menjaga citra diri saat mendaki tangga kesuksesan membuat Houston menjadi inspirasi bagi generasi perempuan penyanyi setelah dia.

Penyanyi R&B dan peraih 16 penghargaan Grammy Awards, Alicia Keys, mengaku, ia tak akan pernah menjadi penyanyi andai tak terinspirasi Houston. Penyanyi R&B lain, India Arie, menyebut Houston sebagai peletak standar tentang apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang perempuan penyanyi yang besar.

”Dia tak akan pernah dilupakan sebagai salah satu suara terbaik yang pernah dianugerahkan ke muka bumi,” tulis Mariah Carey, yang membawa pengaruh gaya menyanyi Houston di awal-awal kariernya, di akun Twitter-nya.

Enam Grammy Awards dan tak kurang dari 170 juta keping rekaman yang laku di seluruh dunia menjadi bentuk penghargaan yang sesungguhnya bagi Houston.

Semua kesuksesan itu seolah sudah digariskan sejak awal bagi Houston. Houston, yang bernama lengkap Whitney Elizabeth Houston, dilahirkan di tengah keluarga musisi besar di Newark, New Jersey, AS, pada 9 Agustus 1963.

Ibunya, Cissy Houston, adalah penyanyi gospel terkenal di AS. Saudara sepupunya, Dionne Warwick, adalah salah satu diva pop Amerika pada dekade 1960-an. Ibu tirinya tak lain adalah Sang Ratu Soul, Aretha Franklin.

Dia mengasah kemampuan vokalnya sejak kecil, sebagai penyanyi di kelompok paduan suara gereja di dekat rumahnya. Menginjak usia belasan tahun, Houston memasuki dunia foto model sekaligus menjadi vokal latar bagi beberapa nama besar dunia musik waktu itu, seperti Chaka Khan dan Jermaine Jackson.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com